Cegah Penyebaran Covid-19, Bandara Pattimura Ambon Terapkan Protokol Kesehatan

Antara · Senin, 11 Mei 2020 - 22:32:00 WIT
Cegah Penyebaran Covid-19, Bandara Pattimura Ambon Terapkan Protokol Kesehatan
Bandara Pattimura, Ambon, Maluku. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon, Provinsi Maluku menerapkan protokol kesehatan bagi penumpang yang tiba dan berangkat dari bandara. Protokol kesehatan ini diberlakukan sejak Januari 2020.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura, Adityia Wibisono mengatakan, protokol kesehatan yang diterapkan antara lain, pengecekan suhu dan penerapan social distancing di terminal kedatangan maupun keberangkatan.

“Di masa pandemi Covid-19, penerapan protokol kesehatan ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus,” katanya, Senin (11/5/2020).

Pengelola bandara juga telah memasang alat thermo scanner guna mendeteksi suhu tubuh penumpang. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona dan memastikan daerah tujuan aman dan terhindar dari penyebaran Covid-19.

"Langkah koordinasi telah dilakukan dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan, dengan tujuan mengantisipasi pencegahan penularan Covid-19, bagi penumpang yang masuk melalui pintu kedatangan," katanya.

Aditya menambahkan, setiap penumpang yang datang, wajib mengisi formulir Health Alert Card (riwayat perjalanan, riwayat kesehatan, dll) terutama dari wilayah terdampak. Selain itu dilakukan disinfektansi pesawat juga dilakukan, termasuk contact point dan area yang digunakan atau dilalui penumpang.

Sementara sebagai upaya menindaklanjuti Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nomor 4 tahun 2020, tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, Bandara Pattimura saat ini hanya melayani penerbangan bagi penumpang kriteria khusus. Calon penumpang wajib melengkapi dan menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan yang dibutuhkan serta mengikuti protokol pengamanan kesehatan diri.

Sedangkan untuk maskapai, langkah pencegahan penularan Covid-19 juga akan dilakukan. Di antaranya pemeriksaan kesehatan awak pesawat sebelum penerbangan hingga pengaturan jarak aman antarpenumpang dalam kabin pesawat pada setiap penerbangan.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: