Berkeliling Desa, Satgas Pamrahwan Maluku Yonif RK 136/TS Gelar Pengobatan Gratis

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 01:02 WIB
Berkeliling Desa, Satgas Pamrahwan Maluku Yonif RK 136/TS Gelar Pengobatan Gratis
Satgas Ops Pamrahwan Maluku dari Yonif RK 136/Tuah Sakti (TS) saat melakukan kegiatan pengobatan gratis dari desa ke desa. (Foto: Puspen TNI)

MALUKU, iNews.id – Anggota Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Maluku Batalyon Infanteri Raider Khusus (Yonif RK) 136/Tuah Sakti (TS) menggelar pengobatan gratis dengan berkeliling dari desa ke desa. Ratusan warga sangat antusias menyambut kedatangan prajurit TNI AD tersebut.

Dansatgas Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis mengatakan, pengobatan gratis Satgas Yonif RK 136/TS dilangsungkan di Desa Morela dan Waai, Kota Ambon. Kemudian Dusun Siompu dan Kelapa Dua di Kecamtan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat hingga ke Desa Hulaliu di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

“Kami adakan pengobatan gratis secara berkeliling selama lima hari sejak tanggal 30 November 2019 hingga 4 Desember. Tema yang kami usung, ‘senyum ale senyum katong jua,” ujar Hasbul, Kamis (5/12/2019).

 

Dokter Satgas Lettu Ckm dr Edvan Henry mengungkapkan, mayoritas warga yang mendatangi pengobatan tersebut didominasi orangtua atau lansia dan anak-anak.

BACA JUGA: Hari Disabilitas, Begini Keseruan Kunjungan Satgas Pamrahwan Papua ke SLB Mimika

“Jenis penyakit yang paling banyak diderita pasien di antaranya alergi atau penyakit kulit, gatal-gatal, diare, Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA), penyakit degeneratif seperti dibetes melitus, hipertensi, dislipidemia dan osteoatritis,” katanya.

Menurutnya, dalam kegiatan ini bukan hanya memberikan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga. Namun juga ada bakti sosial seperti bisa memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan, terutama bagi anak-anak dan para lansia.

“Kami juga menyosialisasikan untuk hidup sehat dimulai dari menjaga kebersihan,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw