5.000 Paket Kebutuhan Pokok Disalurkan ke 50 Desa di Kota Ambon, Pengantaran Berdayakan Tukang Ojek

Antara · Senin, 11 Mei 2020 - 13:40 WIT
5.000 Paket Kebutuhan Pokok Disalurkan ke 50 Desa di Kota Ambon, Pengantaran Berdayakan Tukang Ojek
Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyalurkan bantuan sembako sebanyak 5.000 paket dari Presiden Joko Widodo kepada masyarakat di 50 desa dan kelurahan. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku menyalurkan 5.000 paket kebutuhan pokok dari Presiden Joko Widodo. Ribuan paket kebutuhan pokok ini dibagikan kepada 50 desa dan kelurahan.

"Hari ini kita menerima bantuan sembako dari Presiden Joko Widodo dan akan disalurkan ke seluruh desa, negeri di Kota Ambon," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Minggu (10/5/2020).

Selain itu, Richard juga menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diterima. Bantuan ini sangat berarti untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19.

Dalam penyalurannya, setiap desa dan kelurahan akan menerima 100 paket kebutuhan pokok. Yang menerima bantuan tersebut, mereka yang masuk kategori keluarga miskin baru akibat dampak Covid-19.

"Lurah, kades dan raja telah memiliki data warga yang masuk kategori keluarga miskin baru, yang sampai hari ini belum menerima bantuan sosial dari pemerintah," katanya.

Proses penyaluran bantuan akan diatur para raja lurah dan kades, didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk memperlancar kegiatan. Untuk mekanisme, penyaluran, pemkot akan memberdayakan para tukang ojek.

"Para tukang ojek akan mengantarkan paket sembako sesuai nama dan alamat penerima bantuan. Mereka akan diberikan biaya distribusi paket sembako tersebut, " ujarnya.

Paket tersebut akan diambil sopir dari gudang Bulog di kawasan Halong. Selanjutnya mereka mengantarkannya ke setiap desa dan kelurahan.

“Di setiap desa dan kelurahan ini, tukang ojek akan mengantarkan ke alamat penerima bantuan," ujarnya.


Editor : Umaya Khusniah