375 Warga Ternate Enggan Kembali ke Rumah Takut Air Pasang

Antara ยท Senin, 06 Desember 2021 - 15:10:00 WIT
375 Warga Ternate Enggan Kembali ke Rumah Takut Air Pasang
Wali Kota Ternate meninjau warga mengungsi akibat air pasang. (Foto: Antara).

TERNATE, iNews.id - Sebanyak 375 warga di Ternate enggan kembali ke rumah karena takut air pasang. Mereka masih bertahan di sejumlah pengungsian menunggu cuaca normal.

Air pasang terjadi di wilayah pesisir Ternate pada Sabtu (4/12/2021) lalu. Air menggenangi rumah-rumah mereka dan sempat menyebabkan kepanikan.

"Warga takut dan saat ini mereka menyelamatkan diri ke rumah keluarga maupun di gedung sekolah, karena air pasang masih terjadi," kata Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, Senin (6/12/2021).

Jumlah warga yang terdata saat ini berada di lokasi aman itu, tersebar di empat kelurahan yakni Kelurahan Sangaji sebanyak 100 orang, Kelurahan Salero 20 orang, Kota Baru 80 orang  serta Kelurahan Taduma 175 orang. 

Terkait kerusakan akibat air pasang melanda permukiman warga, dia mengatakan, masih dalam pendataan dan identifikasi BPBD. Namun dia memastikan Kota Ternate sudah menetapkan status tanggap darurat.

"Kita lihat kalau memang situasi ini belum normal, sesuai dengan laporan prakiraan cuaca dari BMKG Ternate maka akan memerintahkan BPBD untuk menetapkan status tanggap darurat," katanya.

Selain itu, kata Tauhid, Pemerintah Kota Ternate memberikan bantuan seperti makanan siap saji, tikar dan selimut kepada ratusan warga yang terdampak.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: