24 Gempa Bumi Susulan Guncang Ambon hingga Kamis Siang Ini

Antara ยท Kamis, 26 September 2019 - 13:05:00 WIT
24 Gempa Bumi Susulan Guncang Ambon hingga Kamis Siang Ini
Warga Ambon mengevakuasi diri menuju dataran tinggi di kawasan Karangpanjang hingga menimbulkan kemacetan kendaraan pascagempa bumi. (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id – Rentetan gempa bumi mengguncang Kota Ambon, Provinsi Maluku, Kamis (26/9/2019) pukul 06.46 WIB atau 08.46 WIT. Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 24 aktivitas gempa bumi susulan (aftershocks) dengan kekuatan bervariasi M 3,2 hingga M 5,6 M hingga siang hari ini.

Sejauh ini BMKG masih memberikan imbauan kepada masyarakat Pulau Ambon dan sekitarnya untuk waspada dan tetap berada di tempat-tempat terbuka mencegah terjadinya gempa bumi susulan. Kondisi warga juga sudah kembali tenang setelah pemberitahuan tidak adanya potensi tsunami.

Pantauan di lokasi, gedung-gedung perkantoran baik pemerintah maupun swasta masih terlihat sepi karena ditinggal karyawannya yang sejak pagi. Mereka berupaya menyelamatkan diri dan saat merasakan guncangan gempa kuat tersebut.

Bahkan, sejumlah tempat perbelanjaan di pusat Kota Amon, seperti Ambon Plaza, Fritz (swalayan), Maluku City Mall dan Ambon City Center juga terlihat masih tutup. Sejumlah warung kecil pun terlihat belum buka hingga Kamis siang.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Maluku Wellem Wattimena berharap warga Kota Ambon tenang dan tidak panik karena gempa tidak berpotensi tsunami.

"Jangan panik dan jangan cemas, semoga Tuhan melindungi kita semua," ujarnya.

Peristiwa gempa ini membuat ribuan warga kota mengungsi ke tempat-tempat yang posisinya lebih tinggi dari permukaan laut seperti kawasan Karangpanjang. Terpantau pula puluhan anak-anak sekolah dasar (SD) yang berlindung di Kantor Wilayah Anggaran Ditjen Pajak.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: