Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian 15 ABK KM Setia Makmur 06 yang tenggelam di Laut Arafura. (ANTARA SAR Merauke)
Antara

JAYAPURA, iNews.id - Nasib 15 anak buah kapal (ABK) KM Setia Makmur 06 yang tenggelam di Laut Arafura belum diketahui. Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian hari ketiga dengan menyisir area sepanjang 1.888 Nm2, Selasa (5/7/2022) pagi.

Kepala SAR Merauke Supriyanto Ridwan mengatakan, KM Sinar Mas 01 dan KRI Teluk Wondama-527 yang bergerak dari Bintuni diperkirakan tiba Selasa (5/7/2022) untuk bergabung dengan tim SAR gabungan.

Pencarian hari sebelumnya melibatkan KM Sinar Mas 01, KM Pulau Muara 88, KM Jaya Sejahtera 66 di Laut Arafuru dan pesawat TNI AU Boeing B-732/AL-7303 yang terbang dari Bandara Timika untuk melakukan pencarian udara di sekitar lokasi kapal tenggelam namun belum membuahkan hasil.

"Kami berhasil berkomunikasi dengan KM Sinar Mas 01 dan diperoleh informasi ada 10 korban selamat yang berada di kapalnya. Beberapa korban mengalami luka ringan," ujarnya, Senin (4/7/2022).

Para korban terluka telah diobati menggunakan obat-obatan yang tersedia di atas kapal KM Sinar Mas 01. Sementara pencarian hari kedua dihentikan pada malam hari karena jarak pandang terbatas.

Identitas ke-10 ABK yang selamat, yaitu Rusli (nakhoda), Ali Sodikan, Zaini, Dedi Irianto, Hanif, Dian Ardiansyah, Diroh, Mubarok, Agus Priyono dan Subheky.

Sementara 15 ABK yang belum ditemukan yaitu Agus Pujiono, Zamsul Abror, Iqmal Zaky, Abdul Gofar, Karsadi, Mulyana Iksam, Rizky Maulana, Sabari, Arifin, Tarbin, Wahyudi, Wisnu Amrullah, Yulianto, Zainal Abidin dan Fahrudin.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT