Basarnas Ternate cari warga Pulau Kasiruta, Halmahera Selatan (Halsel) yang hilang saat perjalanan mudik ke kampung halaman. (Abdul Fatah)
Antara

TERNATE, iNews.id - Pemudik hilang dalam perjalanan pulang menggunakan perahu sampan ke kampung halaman di Desa Jeret, Pulau Kasiruta, Maluku Utara (Malut). Keberadaannya kini masih dalam pencarian petugas Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah mengatakan, setelah mendapatkan laporan orang hilang langsung menginstruksikan anggota SAR Pos Pulau Bacan untuk melakukan pencarian terhadap korban bernama Asri Iskandar Alam (30). Dia merupakan warga Pulau Kasiruta, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

"Korban hilang saat keluar menggunakan perahu sampan dengan maksud melakukan perjalanan mudik ke kampung ke Desa Jeret," ujarnya, Selasa (3/5/2022).

Kronologi kejadian bermula saat korban pergi dengan rute melewati jalur sungai pada Minggu (1/5/2022). Namun hingga saat ini korban belum juga tiba di tempat tujuan di Desa Jeret. Warga yang mencari menemukan sampan korban di perairan sekitar Desa Jeret.

"Unit siaga SAR Bacan langsung berkoordinasi dan bergerak untuk operasi pencarian," katanya.

Menurutnya, proses pencarian menggunakan Kapal Rescue Boat 309 yang sudah bergerak menuju lokasi diduga korban hilang dengan jarak 17,9 Nm dari Pelabuhan Kupal Bacan dalam waktu tempuh 1 jam.

Saat ini keluarga bersama warga setempat masih terus mencari korban di sekitar perairan Desa Jerek. Pencarian juga didukung anggota Basarnas Ternate.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT