Tim SAR gabungan mengevakuasi 13 wisatawan dari kapal KLM Cakabah yang kandas di perairan Pulau Komodo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (14/9) malam. (ANTARA/HO-Basarnas Maumere)
Antara

KUPANG, iNews.id - Kapal membawa belasan wisatawan kandas di kawasan perairan Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tim SAR gabungan yang menerima informasi kejadian kapal kandas langsung mengevakuasi 13 wisatawan tersebut.

Kepala Kantor SAR Kelas B Maumere Wahyu Efendi mengatakan, awalnya menerima informasi adanya peristiwa yang membahayakan manusia dari Basarnas di Pos SAR Labuan Bajo, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo. Informasi menyebutkan KLM Cakabah kandas di Perairan Komodo.

"Tim SAR dari Pos Basarnas Labuan Bajo telah melakukan evakuasi terhadap para wisatawan dengan selamat dari perairan Pulau Komodo menuju Labuan Bajo," ujarnya, Kamis (15/9/2022).

Menurut dia setelah menerima laporan tersebut, tim SAR gabungan langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan operasi penyelamatan. Saat pencarian, ditemukan KLM Cakabah dalam kondisi kandas di perairan Pulau Komodo.

"Tim SAR gabungan di Labuan Bajo melakukan evakuasi terhadap 14 orang terdiri atas 13 wisatawan dan satu ABK. Setelah dievakuasi, para wisatawan itu langsung menuju tempat penginapan masing-masing," kata Wahyu.

Peristiwa yang menimpa KLM Cakabah bermula saat kapal yang ditumpangi 18 orang, termasuk 13 wisatawan dan lima awak kapal hendak berangkat dari Pulau Komodo menuju Labuan Bajo. Namun pukul 18.50 wita, kapal KLM Cakabah kandas di sekitar Takah Toro Kuning, Pulau Komodo sehingga tidak bisa berlayar menuju Labuan Bajo.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT