Ilustrasi penemuan bayi masih hidup dalam selokan di Maluku Tengah . (Foto: Okezone)
Antara

AMBON, iNews.id - Penemuan bayi baru lahir dalam kantong kresek di selokan menggegerkan warga Kampung Waitatiri, Desa Suli, Kecamatan Salahutu Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah. Saat ditemukan bayi laki-laki tersebut dalam kondisi masih hidup.

Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease Ipda Moyo Utomo mengatakan, polisi sampai saat ini masih menyelidiki pelaku yang diduga telah membuang bayi tersebut.

"Kami belum dapat pastikan siapa orang tua yang tidak bertanggung jawab, yang telah membuang bayi ini. Kasusnya masih dalam penyelidikan," ujarnya, Rabu (3/8/2022).

Menurutnya saat ditemukan, bayi laki-laki tersebut masih lengkap dengan tali pusar. Saksi yang pertama kali menemukan yakni seorang warga bernama Agusthinus Soumerun.

Saat itu, Agustinus yang merupakan PNS SMP Negeri 20 Malteng hendak mencabut rumput di kebun singkong, berdekatan dengan selokan tempat bayi dibuang. Ketika itu dia mendengar seperti ada suara burung.

"Setelah mencari sumber suara, saksi menemukan tas kresek putih dan dikira ada anak ayam di dalamnya, sehingga dia kembali ke rumah memanggil anak dan istrinya Aurora Parinussa untuk memeriksa isi tas," kata Moyo.

Saat dicek, ternyata di dalam tas berisi bayi laki-Laki yang memiliki panjang 43 Cm, berat 1,7 Kg. Bayi tersebut langsung diangkat ke rumah mereka dan tali pusarnya dipotong Aurora yang kebetulan berprofesi sebagai bidan kampung.

Para saksi juga membawa bayi tersebut ke RS Hative Kecil Negeri Passo Kecamatan Baguala (Kota Ambon) untuk mendapatkan perawatan medis.

Bhabinkamtibmas Negeri Suli Bripka D Sahertian hingga Kapolsek Salahutu AKP La Maru maupun Kapolsek Baguala langsung mendatangi TKP dan melakukan pengumpulan data.

Keluarga A Soumeru bersama istrinya Aurora Parinussa langsung mengambil keputusan untuk bertangung jawab memelihara bayi tersebut. 


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT