WNI asal Ternate Meninggal Dunia di Atas Kapal Asing, Korban Sempat Mengeluh Sesak Napas

Ismail Sangaji ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 11:55 WIB
WNI asal Ternate Meninggal Dunia di Atas Kapal Asing, Korban Sempat Mengeluh Sesak Napas
Keluarga ABK meninggal dunia di atas kapal asing meminta agar pihak perusahaan memulangkan jenazah anaknya. (Foto: iNews/Ismail Sangiaji).

TERNATE, iNews.id - Seorang warga negara Indonesia (WNI) asal Kota Ternate, Maluku Utara, meninggal dunia di atas kapal asing yang ditumpanginya. Korban sempat mengalami sesak napas dan mendapat pertolongan medis.

Korban, Arifqih Maulana Ramli (19), bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di sebuah kapal asing berbendera China yang melakukan pelayaran menuju Afrika. Kabar kematian korban pertama kali diinformasikan pihak perusahaan PT Lakemba Perkasa Bahari pada Senin (2/12/2019) kemarin.

"Saya dikabari kalau Arifqih sudah meninggal dunia saat dalam perjalanan menuju Mauritius Afrika Timur," kata ibu korban Salma di kediaman, Kelurahan Sangaji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Rabu (4/12/2019).

BACA JUGA: KDEI Taipei Fasilitasi Pemulangan 3 Jenazah ABK asal Pemalang, Indramayu dan Cirebon

Menurut dia, sebelum meninggal dunia, anaknya sempat menderita sesak napas. Kemudian pihak medis di kapal tersebut pun memberikan penanganan di sana, namun nyawa Arifqih tidak tertolong.

Salma mengaku, tidak ada penjelasan lebih detail mengenai penyebab kematian sang anak. Karena terakhir kali saat dia berkomunikasi dengan korban, dia mengaku, dalam kondisi sehat-sehat saja.

"Saya sempat bilang, kalau ada tidak enak, lebih baik pulang saja. Tapi dia katakan di sana sehat-sehat saja," ujar dia.

BACA JUGA: 2 WNI Dipastikan Tewas akibat Terjebak Reruntuhan Jembatan Ambruk di Taiwan

Arifqih bekerja di kapal ikan China, Zhang Yuan Yu 22, yang bermarkas di Mauritius Afrika Timur. Sepanjang November 2018 - Maret 2019, Arifqih bersama teman-temannya mengikuti training di Tegal, Jawa Tengah (Jateng).

Kapal berlayar pada 26 Maret 2019 lalu dengan rute Jakarta - Kuala Lumpur - Dubai - Mauritius. Pihak keluarga menuntut agar jenazah Arifqih segera dipulangkan ke kampung halamannya. Selain itu, dia menuntut penjelasan penyebab kematian korban saat berada di atas kapal.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal