Wakil Ketua DPRD Malut Penabrak Polantas Dijerat Kasus Baru

Antara · Minggu, 20 Juni 2021 - 11:46:00 WIT
Wakil Ketua DPRD Malut Penabrak Polantas Dijerat Kasus Baru
Kabid Humas Polda Malut Kombes Pol Adip Rojikan. Foto: Antara

TERNATE, iNews.id - Belum selesai perkara menabrak polantas ketika sedang bertugas, Wakil Ketua DPRD Maluku Utara (Malut) Wahda Z Imam (WZI) dijerat dengan perkara baru. Polda Malut mengaku tengah menangani kasus pidana penggelapan dan penyerobotan lahan yang dilakukan WZI.

Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan menyebutkan, polisi telah menerima laporan terkait kasus itu sejak 9 Juni 2021. Sejauh ini penanganan kasus sudah sampai tahap gelar perkara oleh Direktorat Reskrimum Polda Malut.

"Dugaan tindak pidana pengelapan dan penyerobotan sudah digelar perkarakan, hasil gelar perkara penyidik telah memeriksa sebanyak 9 orang saksi, kemudian mengumpulkan dokumen/surat-surat yang berkaitan dengan hal tersebut," kata Adip, Sabtu (19/6/2021).

Dia mengatakan, pelapor merupakan Sebastian Sugianto (24), anak dari perempuan yang sempat dinikahi WZI. Sebastian merasa WZI telah menguasai harta ibunya.

"Dengan cara menguasai empat sertifikat hak milik, empat unit ruko, dan satu unit rumah milik ibu kandungnya," ujar Adip.

Berdasarkan alat bukti berupa keterangan saksi, surat dan petunjuk saat gelar perkara, tindak pidana penggelapan dan penyerobotan ini layak untuk ditingkatkan ke proses penyidikan. Adip menyebutkan, penyidik menerapkan Pasal 372 dan Pasal 167 KUHP dalam menangani kasus ini.

Editor : Erwin C Sihombing