TPU Baru untuk Pasien Covid-19 dan Umum di Ambon Sudah Dapat Difungsikan

Antara ยท Senin, 04 Mei 2020 - 10:11 WIB
TPU Baru untuk Pasien Covid-19 dan Umum di Ambon Sudah Dapat Difungsikan
Sejumlah petugas mengenakan APD melakukan pemakaman jenazah PDP COVID-19 di TPU Pemkot Ambon di perbatasan Desa Hunuth dan Negeri Hitu, Kabupaten Maluku Tengah. (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id – Sebuah lahan yang digunakan sebagai tempat pemakaman umum (TPU) ini terutama untuk pasien Covid-19 di Ambon, Maluku sudah siap difungsikan. Lokasi TPU ini berada perbatasan Desa Hunuth dan Negeri Hitu, Kecamatan Teluk Ambon, Kabupaten Maluku Tengah

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengatakan, lahan yang disipakan memiliki luas 1,8 hektare. Selain sebagai areal pemakaman pasien Covid-19, lahan ini juga sebagai pengganti lokasi TPU lama yang sudah penuh.

“TPU lama yang sudah penuh dan tidak dapat difungsikan lagi,” katanya Minggu (3/5/2020).

Pada hari Minggu, telah dilakukan pemakaman jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Haulussy. Proses pemakaman di TPU baru ini dilakukan sesuai protap Covid-19.

Joy menjelaskan prosesi pemakaman jenazah PDP yang berlangsung aman dan lancar. Hal ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah dan masyarakat Desa Hunuth dan Negeri Hitu.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Desa Hunuth, serta secara khusus kepada Pemerintah Negeri Hitu.

"Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada pemerintah dan masyarakat Desa Hunuth dan Negeri Hitu, baik Negeri Hitu Lama maupun Hitumessing yang sepenuhnya mendukung prosesi pemakaman jenazah hingga berjalan dengan lancar dan aman," ujarnya.

Selanjutnya, pengelolaan TPU itu akan dilakukan secara profesional dan tidak seperti TPU sebelumnya. Diharapkan ke depan, masyarakat dapat mematuhi seluruh ketentuan yang akan ditetapkan dalam penataan area TPU dimaksud.


Editor : Umaya Khusniah