Tinjau Bandara Sultan Babullah Ternate, Kapolda Malut Pastikan Prokes Berjalan Baik

Antara ยท Rabu, 19 Mei 2021 - 16:21:00 WIT
Tinjau Bandara Sultan Babullah Ternate, Kapolda Malut Pastikan Prokes Berjalan Baik
Kapolda Malut Irjen Pol Risyapudin Nursin meninjau langsung penerapan protokol kesehatan di Bandara Sultan Babullah Ternate. (Foto: Antara/Abdul Fatah)

TERNATE, iNews.id - Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Risyapudin Nursin meninjau langsung Bandara Sultan Babullah di Kota Ternate untuk memastikan penerapan protokol kesehatan saat arus balik. Kondisi ini menyusul perpanjangan pengamanan setelah Operasi Ketupat Kieraha 2021.

"Peninjauan ini untuk melihat sekaligus mengecek kesiapan petugas di lapangan dalam penerapan protokol kesehatan di masa pengetatan agar pemudik atau warga yang keluar masuk Provinsi Malut dapat dipastikan bebas dari Covid-19," ujar Kapolda di Ternate, Rabu (19/5/2021).

Dalam kesempatan tersebut Kapolda memberikan arahan kepada petugas baik personel Polri, petugas bandara dan kesehatan untuk bersinergi melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Pahami tugas masing-masing, terus lakukan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menerapkan 3M," katanya.

Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Malut Kombes Pol Adip Rojikan menambahkan, telah melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi lonjakan arus balik. Seperti memperketat pengamanan pintu keluar masuk, juga berkoordinasi secara intern dengan pihak terkait.

"Saja mengajak dan mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama mendukung program pemerintah dengan tetap disiplin diri dalam mematuhi protokol kesehatan aturan yang berlaku," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Sultan Baabullah Ternate Syamsuddin Soleman mengatakan, maskapai pesawat udara yang beroperasi telah dibuka untuk mengangkut penumpang, terutama keberangkatan dan kedatangan.

Kendati demikian, calon penumpang harus dilengkapi dengan surat rapid test antigen maupun memiliki hasil GeNose C19 yang telah dimiliki Bandara Sultan Baabullah.

Untuk calon penumpang gunakan GeNose ini tidak boleh merokok atau makan sebelum gunakan pendeteksi dan dikenai biaya Rp50.000 per orang.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: