Terlibat Kasus Narkoba, Warga Maluku Divonis 1 Tahun Penjara

Antara ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 10:33:00 WIT
Terlibat Kasus Narkoba, Warga Maluku Divonis 1 Tahun Penjara
Ilustrasi palu hakim. (Foto: Ist)

AMBON, iNews.id – Seorang warga Maluku bernama M Syafei Marasabessy divonis satu tahun penjara karena kasus narkoba oleh Majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon. Terdakwa dinilai melanggar Pasal 127 ayat 1 huruf A UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

"Menyatakan terdakwa sacara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melanggar pasal 127 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan menghukum terdakwa selama satu tahun penjara serta memerintahkan terdakwa tetap berada di dalam tahanan," kata ketua majelis hakim PN Ambon, Ronny Felix Wuisan, Senin (3/5/2021).

Hal yang memberatkan terdakwa dijatuhi hukuman penjara karena tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas penggunaan narkoba. Sedangkan yang meringankan yakni terdakwa bersikap sopan dan mengakui serta menyesali perbuatannya.

Dalam amar putusan-nya, majelis hakim juga menyatakan barang bukti berupa narkotika golongan satu jenis tanaman berupa ganja kering seberat 0,009 gram dirampas untuk dimusnahkan.

Putusan majelis hakim juga lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Ambon, Elsye B Leunupun. Dalam persidangan sebelumnya, JPU menuntut terdakwa dijatuhi vonis selama 1,5 tahun penjara.

Atas putusan majelis hakim, baik terdakwa melalui penasihat hukumnya maupun JPU Kejari Ambon menyatakan menerima sehingga putusan ini dinyatakan sudah inkrah dan telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Editor : Umaya Khusniah