Tempat Kuliner di Ambon Maluku yang Memanjakan Perut dan Mata

Assyifa Nurul Aini ยท Senin, 11 Oktober 2021 - 17:25:00 WIT
Tempat Kuliner di Ambon Maluku yang Memanjakan Perut dan Mata
Pemandangan Teluk Ambon dari Wailela Cafe n Resto, di Kota Ambon, Maluku. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Ada banyak tempat kuliner di Ambon, Maluku, yang dapat dikunjungi saat berwisata ke daerah seribu pulau ini. Tak hanya terkenal dengan wisata pantai dan kekayaan laut, Kota Ambon juga memiliki banyak tempat kuliner yang memanjakan perut juga mata. 

Kota Ambon yang wilayahnya sebagian besar adalah laut ini, memang menjadi surga untuk mencicipi berbagai kuliner khas laut yang segar. Namun ada banyak tempat kuliner yang tak hanya menyajikan makanan khas laut, tetapi juga kopi khas Ambon dan makanan penutup atau dessert yang menggoda lidah. 

Berikut beberapa tempat kuliner di Ambon, Maluku, yang wajib dikunjungi:

1. Wailela Cafe n Resto

Wailela Cafe n Resto, di Kota Ambon, Maluku. (Foto: Istimewa)
Wailela Cafe n Resto, di Kota Ambon, Maluku. (Foto: Istimewa)

Tempat kuliner pertama yang wajib dikunjungi adalah Wailela Cafe n Resto. Tempat ini menyediakan area indoor dan outdoor. Selain itu, tempat ini juga bisa digunakan untuk acara besar, karena tersedia penyajian makanan secara prasmanan. 

Letaknya di pinggir pantai Teluk Ambon yang beralamat di Jalan Kampus, Rumah Tiga, Kota Ambon, Maluku. Jadi Anda dapat menyantap makanan yang memanjakan perut, sambil menatap pemandangan Teluk Ambon yang tenang. Sekilas suasana di tempat kuliner ini seperti di Bali.

Apalagi saat malam hari, pemandangan dari Wailela Cafe n Resto terasa romantis dengan dilatarbelakangi kelar-kelip lampu dari perbukitan di Kota Ambon, yang terasa seperti suasana di Hong Kong saat malam. 

Ada yang menarik, tempat kuliner ini pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo. Dibuka setiap hari mulai pukul 12.00–22.00 WIT (Waktu Indoenesia Timur), tempat kuliner ini menyediakan banyak aneka sajian laut yang khas dan dessert berkualitas dengan harga terjangkau.

2. Restoran Dua Ikan

Restoran 2 Ikan, di Kota Ambon, Maluku. (Foto: Istimewa)
Restoran 2 Ikan, di Kota Ambon, Maluku. (Foto: Istimewa)

Jika ingin mencicipi masakan laut khas Ambon, dengan hasil ikan yang ditangkap langsung dari laut untuk dimasak, restoran Dua Ikan menjadi pilihan yang tepat. 

Tempat kuliner ini beralamat di Jalan Wolter Monginsidi No.1, Lateri, Baguala, Kota Ambon, Maluku. Sama seperti Wailela Cafe n Resto, tempat kuliner ini juga memberikan pemandangan laut Teluk Ambon yang tenang. 

Resto Dua ikan dibuka setiap Senin–Jumat pukul 11.00–22.00 WIT. Sementara pada Minggu, restoran ini dibuka pukul 17.00–22.00 WIT. 

Ada yang unik dari tempat kuliner ini, yaitu pengunjung diperbolehkan untuk menangkap ikan yang berada di laut sebagai menu yang akan dimakan, sehingga kesegaran ikan akan terjamin. Adapun menu yang menarik tersedia di tempat kuliner ini, seperti ikan woku, ikan kuah kuning yang dapat disantapm dengan papeda. 

3. Rumah Kopi Sibu Sibu

Rumah Kopi Sibu Sibu di Kota Ambon, Maluku. (Foto: Istimewa)
Rumah Kopi Sibu Sibu di Kota Ambon, Maluku. (Foto: Istimewa)

Bagi Anda pencinta kopi, tak lengkap rasanya mengunjungi Kota Ambon jika tak mampir di Rumah Kopi Sibu Sibu. 

Kafe bernuansa etnik-modern ini, sangat pas bagi Anda yang ingin menikmati kopi rempah khas Ambon, dengan pisang goreng atau sukun goreng yang manis, sambil menikmati interior kafe yang menyajikan catatan sejarah pahlawan dan tokoh-tokoh Maluku. 

Beralamat di Jalan Said Perintah, Sirimau, Kel Ahusen, Sirimau, Kota Ambon, Maluku, tempat kuliner ini sangat cocok dikunjungi saat sore menjelang malam. Jangan heran, meskipun sederhana, rumah kopi ini banyak dikunjungi wisatawan asing. 

Tempat kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 10.00–23.00 WIT. Sementara itu, tempat ini juga menyediakan live music dengan penyanyi asal kota Ambon yang memiliki suara indah.

Itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner di Amnon, Maluku, yang wajib dikunjungi saat kamu berwisata ke Kota Ambon manise ya. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: