Tekan Penyebaran Covid-19, Jurnalis Televisi di Ternate Bagi 1.000 Masker Gratis

Ismail Sangaji ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 20:49 WIT
Tekan Penyebaran Covid-19, Jurnalis Televisi di Ternate Bagi 1.000 Masker Gratis
Jurnalis televisi di Ternate bagi-bagi 1.000 masker gratis. (Foto: iNews/Ismail Sangaji)

TERNATE, iNews.idJurnalis televisi di Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar sosialisasi protokol kesehatan sekaligus membagikan 1.000 masker kepada masyarakat, Jumat (16/10/2020). Acara ini digelar dengan tujuan agar masyarakat memahami dan menyadari pentingnya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Para junrnalis memulai sosialisasi dengan membentangkan spanduk bertulisan ajakan kepada masyarakat menaati 3M, Menggunakan Masker, Mencuci Tanggan dan Menjaga Jarak. Acara ini juga bekerja sama dengan Bidang Humas Polda Malut, Direktorat Lalu Lintas dan BPBD Kota Ternate.

Lokasi sosialisi ini berada di sejumlah titik keramaian, salah satunya di Pasar Higienis Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate. Para jurnalis langsung mendatangi dan mengajak para pedagang serta pengunjung pasar agara tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

Selain pedagang dan pembeli, sosialisasi juga menyasar masyarakat umum, penumpang hingga sopir angkutan umum di Jalan Sultan Jabir Sah. Bagi mereka yang kedapatan tak memakai masker, langsung diberi agar langsung dapat dipakai.

Salah satu jurnalis televisi, Sahrudin Nurdin mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bukti bahwa wartawan juga peduli dengan upaya penanganan sekaligus pencegahan Covid-19 di Malut terutama Ternate.

“Kami tidak hanya mempublikasikan penggunaan masker dan protokol kesehatan, tapi juga melalui aksi nyata seperti acara hari ini,” katanya.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan mengaku mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan para jurnalis televisi. Kegiatan semacam ini dinilai sangat membantu pemerintah, khasusnya TNI-Polri dalam memerikan edukasi kepada masyarakat dalam pecegahan Covid-19.

“Kami apresiasi kegiatan ini sehingga masyarakat punya kesadaran akan pentingnya pakai masker,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bpbd Kota Ternate, Arif Gani selaku Gugus Tugas mengatakan, dengan digelarnya Sosialisasi 3M kepad masyarakat, diharapkan bisa menekan angka penularan Covid-19. Saat ini, Kota Ternate masih menjadi daerah terdampak pandemic dengan total kasus positif Covid-19 sebanyak 819 kasus.

“Kami apresisasi teman jurnalis televisi dalam rangka eduasi dan mengajak masyarakat mentaati protokol kesehatan. Kami harap masyarakat tetap berusaha menjaga kesehatan untuk memutus mata rantai Covid,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah