Tahapan Revitalisasi Dimulai, Lapak Pedagang Pasar Mardika Dibongkar dengan Ekskavator

Antara · Selasa, 22 September 2020 - 16:00:00 WIT
Tahapan Revitalisasi Dimulai, Lapak Pedagang Pasar Mardika Dibongkar dengan Ekskavator
Pasar Mardika, Ambon. (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id - Ratusan lapak di Pasar Mardika Kota Ambon, Maluku dibongkar tim penertiban Selasa (22/9/2020). Pembongkaran dilakukan untuk revitalisasi yang merupakan agenda program strategis nasional.

Ratusan lapak dibongkar menggunakan alat berat ekskavator. Pembongkaran dimulai pukul 10.00 WIT. Pedagang pun tampak tak melawan dengan adanya pembongkaran tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon, Pieter Leuwol menjelaskan, pembongkaran lapak bertujuan agar pedagang pindah ke lokasi baru dalam rangka revitalisasi Pasar Mardika. Pada tahap awal, pemerintah setempat telah melakukan langkah sosialisasi.

"Kami telah memberikan waktu untuk membongkar sendiri. Akan tetapi, hingga batas waktu, para pedagang belum melakukan upaya pembongkaran secara mandiri," katanya.

Dia mengatakan, relokasi pedagang Pasar Mardika dilakukan secara bertahap ke tiga lokai yang berbeda di Kota Ambon. Tiga lokasi tersebut yakni Pasar Ole-Ole Tantui, Pasar Transit Passo, dan Pasar Apung. Tiga tempat tersebut mampu menampung kurang lebih 1.700 pedagang.

Tahapan relokasi dimulai dengan pedagang kelontong yang dipindahkan ke Pasar Ole-Ole Tantui. Selanjutnya, pedagang sembako dan pakaian sebagian akan dipindahkan ke Pasar Transit Passo.

Sementara itu, Pasar Apung untuk pedagang pakaian. Untuk pedagang sayur-mayur, ikan dan daging akan menempati kawasan Pasar Arumbae dan sekitarnya.

"Kami pastikan hingga akhir September 2020, seluruh pedagang dapat menempati lokasi baru. Sosialisasi ini kami lakukan secara persuasif untuk kepentingan bersama pedagang dan masyarakat," katanya.

Editor : Umaya Khusniah