Smelter Nikel PT IWIP Terbakar akibat Kelebihan Muatan

Agus Suprianto · Rabu, 16 Juni 2021 - 17:13:00 WIT
Smelter Nikel PT IWIP Terbakar akibat Kelebihan Muatan
Tangkapan layar kebakaran di Smelter A PT IWIP pada Selasa (15/6/2021). Foto: Istimewa

TERNATE, iNews.id - Peristiwa kebakaran di Smelter A PT Indonesia Weda Bay Industri Park (IWIP) pada Selasa (15/6/2021) pukul 06.30 WIT diduga akibat kelebihan muatan batu bara di dalam tungku I. Sebanyak 20 karyawan menderita luka-luka akibat peristiwa itu.

Kapolres Halmahera Tengah, AKBP Nico Setiawan, mengatakan, dari 20 korban sebanyak 14 orang mengalami luka sedang. Sebanyak enam orang diantaranya mengalami luka berat yang terdiri dari tiga orang asing.

"Penyebab terjadinya kebakaran di Smelter A ini diduga adanya kelebihan muatan dari batu bara yang ada di dalam tungku sehingga menimbulkan percikan api yang sangat besar," kata Nico, Rabu (16/6/2021).

Sementara ini, Kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dalam peristiwa tersebut. Tim Forensik dari Makassar direncanakan akan ikut membantu.

Korban luka ringan dan sedang dirawat di RSUD Chasan Boesoirie, Ternate. Sementara korban luka berat akan dibawa ke jakarta untuk mendapat perawatan intensif.
 
Peristiwa kebakaran ini direkam melalui video amatir yang beredar. Sejumlah pekerja terjebak area tungku, sedangkan rekan yang lain meneriaki agar mereka turun sebelum api semakin membesar.

Editor : Erwin C Sihombing