Siap-Siap, Operasi Lalu Lintas Gabungan Akan Diselenggarakan Serentak di Malut

Antara ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 19:06 WIB
Siap-Siap, Operasi Lalu Lintas Gabungan Akan Diselenggarakan Serentak di Malut
Ilustrasi operasi lalu lintas. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Direktorat Lalu lintas (Ditlantas) Polda Maluku Utara (Malut) akan menggelar operasi patuh serentak di seluruh kabupaten/kota. Operasi patuh ini akan diselenggarakan mulai 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Direktur Lalu Lintas Polda Malut, Kombes Pol, B Twedy Aditya Benyahdi menyatakan, operasi patuh melibatkan banyak pihak. Di antaranya personel Ditlantas dan jajaran Satlantas di Malut, Dinas Perhubungan (Dishub) provinsi dan kabupaten/kota, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Jasa Raharja serta TNI.

“Operasi ini untuk mengantisipasi pelanggaran lalu-lintas di jalan raya, baik ditlantas dan polres jajaran. Pelaksanaan operasi patuh dengan Sandi Kie Raha 2020,” katanya, Selasa (21/7/2020).

Ada enam pelanggaran yang menjadi prioritas operasi patuh. Pertama, penggunaan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), melawan arus, muatan/penumpang lebih kapasitas ditentukan. Selain itu juga pengendara dibawah umur dan menerobos lampu lalu lintas. Terakhir, serta melanggar rambu-rambu lalu lintas.

Twedy mengatakan, dalam operasi patuh juga ada beberapa kegiatan tambahan di tengah pandemi Covid-19. Di antaranya imbauan untuk tetap menggunakan masker sebagai bentuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Pastinya operasi patuh ini akan menangani setiap pelanggar. Jumlah personel berasal dari lantas baik polda maupun jajaran polres kabupaten/kota," katanya.


Editor : Umaya Khusniah