Siap Atasi Corona, Pemprov Maluku Gelontorkan Dana Rp178 Miliar

Antara ยท Selasa, 21 April 2020 - 13:32:00 WIT
Siap Atasi Corona, Pemprov Maluku Gelontorkan Dana Rp178 Miliar
Gubernur Maluku, Murad Ismail. (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku siap menggelontorkan dana APBD 2020 sebesar Rp178 miliar untuk penanganan wabah Covid-19. Penanganan akan difokuskan pada keselamatan dan kesehatan, ketahanan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat melalui jaring pengaman sosial.

Gubernur Maluku sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Murad Ismail mengatakan anggaran yang disiapkan merupakan hasil refocusing, realokasi dan rasionalisasi APBD Provinsi Maluku 2020 yang dibahas bersama pimpinan DPRD Maluku.

"Saya bertanggung jawab atas penanganan pandemi ini di Maluku. Karena itu, saya butuh dukungan seluruh komponen masyarakat terhadap berbagai langkah dan kebijakan yang dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit ini," katanya.

Sebanyak Rp68 miliar akan digunakan untuk keselamatan dan kesehatan, terutama pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis dan peralatan kesehatan yang dibutuhkan rumah sakit rujukan Covid-19.

Sementara untuk penanganan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, anggaran yang disiapkan sebesar Rp53 miliar. Dana ini akan digunakan untuk program padat karya tunai di sektor pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan pekerjaan infrastruktur lainnya.

Sisanya sebesar Rp57 miliar akan dialokasikan untuk membiayai program jaringan pengamanan sosial di 11 kabupaten/kota di Maluku.

Murad mengatakan anggaran yang disediakan tersebut juga menjadi bagian dari komitmen pemprov untuk mendanai 20 persen kebutuhan anggaran di setiap kabupaten/kota di Maluku.

"Pemprov menangani 20 persen dari total keseluruhan anggaran yang dibutuhkan untuk pandemi Covid-19 ini di 11 kabupaten/kota di Maluku. Sebesar 80 persen sisanya dibagi dan ditanggung bersama oleh masing-masing daerah," katanya.

Menurutnya, jika dikalkulasikan 80 persen sisa anggarannya, maka setiap daerah hanya menanggung anggaran sebesar tujuh hingga delapan persen saja. Karena itu, Murad mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan yang dikeluarkan pemerintah kabupaten/kota, sehingga penyebaran Covid-19 dapat segera ditanggulangi dan tidak meluas.

"Patuhi imbauan dan aturan yang diberlakukan di masing-masing daerah sehingga Covid-19 tidak menyebar. Semua pihak juga wajib mensyukuri bahwa sebagian besar pasien yang terkonfirmasi terpapar Covid-19 di Maluku, telah dinyatakan sembuh," katanya.


Editor : Umaya Khusniah