Sepekan Masuki Masa Kampanye, 6 Legislator DPRD Kota Ternate Ajukan Cuti

Antara ยท Selasa, 06 Oktober 2020 - 14:16:00 WIT
Sepekan Masuki Masa Kampanye, 6 Legislator DPRD Kota Ternate Ajukan Cuti
Ilustrasi kampanye. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id – Sebanyak enam dari 30 legislator Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mengajukan cuti kampanye pada pemilihan wali dan wakil wali kota. Anggota Dewan harus mengajukan surat izin paling lambat tiga hari dan diserahkan ke KPU serta ditembuskan ke Bawaslu.

"Dalam sepekan pelaksanaan tahapan pilkada, Bawaslu baru menerima enam tembusan surat izin cuti kampanye dari wakil rakyat DPRD Kota Ternate," kata Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan, Senin (5/10/2020).

Mereka yang telah mengajukan cuti kampanye di antaranya Ketua DPRD, Muhajirin Bailussy dari PKB; wakil Ketua DPRD, Henny Sutan Muda dari Demokrat. Selain itu ada anggota DPRD Mohtar Bian, Ridwan Lisapaly dan Usman M Nur dari PKB. Terakhir Yamin Rusli dari Nasdem.

"Kalau mau ikut kampanye, harus mengajukan izin. Itu aturannya jelas dalam PKPU 11 Tahun 2020, Pasal 63 Izin Kampanye,” kata Kifli Sahlan.

Ketentuan mengenai izin kampanye bagi anggota dewan di luar tanggungan negara. Fasilitas negara berupa mobil dinas dan barang lainnya juga tidak diperbolehkan untuk dipakai saat menghadiri kampanye.

"Sesuai PKPU, pejabat publik dilarang gunakan kendaraan dinas. Jika terdapat laporan, maka akan kami tindak sesuai aturan," kata Kifli Sahlan.

Diketahui, ketentuan terkait kewajiban mengajukan izin ikut kampanye bagi anggota DPR, DPRD, dan DPD ada pada Pasal 70 UU 10 Tahun 2016 dan Pasal 63 Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2020. Dalam PKPU 11/2020 juga membahas soal adanya larangan penggunaan fasilitas negara yang terkait dengan jabatan anggota DPR, DPD, DPRD untuk kepentingan pemenangan dalam pemilihan.

Kifli Sahlan menjelaskan ada larangan penggunaan kewenangan, program dan kegiatan yang terkait dengan jabatan untuk tujuan menguntungkan atau merugikan pasangan calon lain. Semua larangan tersebut sudah diatur dalam peraturan teknis PKPU 11/2020.

Bawaslu tidak akan mengabaikan apa yang dilarang sebagaimana tertulis di PKPU 11/2020. Untuk cuti bagi anggota DPRD Kota Ternate, ada yang berbentuk harian dan tergantung lamanya waktu yang diajukan.

Dari enam surat cuti yang diterima, empat anggota DPRD asal PKB tidak mencantumkan lamanya cuti. Mereka hanya menyantumkan tanggal permohonan cuti yakni 3 Oktober. Salah satunya Yamin Rusli. Sementara Henny Sutan Muda melakukan cuti dari 10-11 Oktober 2020.

Editor : Umaya Khusniah