Sempat Terpapar saat Tangani Pasien, Dokter Caroline Tupan Sembuh dari Covid-19

Antara ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 10:58 WIB
Sempat Terpapar saat Tangani Pasien, Dokter Caroline Tupan Sembuh dari Covid-19
Pasien sembuh dari Covid-19 di Kota Ternate, Maluku Utara. (Foto: Antara/Abdul Fatah)

TERNATE, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan lima pasien positif sembuh hasil dua kali pemeriksaan pada Sabtu (20/6/2020). Salah satunya yakni Caroline Tupan (27) dokter perempuan asal Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Dia dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan melalui tes cepat molekuler (TCM) di RSUD Chasan Boesoerie.

"Memang, Caroline asal Ambon ditugaskan sebagai dokter interensip ruang ICU Chasan Boesoerie ini terkonfirmasi positif sebagai pasien 169. Dia diduga tertular saat menangani pasien yang dirawatnya," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Malut Alwia Assagaf, Sabtu (20/6/2020).

Menurutnya, Dokter Caroline ini sesuai laporan awalnya memeriksa seorang pasien nonreaktif. Saat meninggal, hasil tes usap pasien ini menunjukkan positif Covid-19.

Mereka semua yang kontak erat dengan pasien pun menjalani pemeriksaan, termasuk Dokter Caroline dengan hasil reaktif. Selanjutnya dilanjutkan dengan tes usap dengan hasil positif dan langsung menjalani isolasi di RSUD Chasan Boesoerie.

"Sehingga untuk hari ini ada lima pasien positif dinyatakan sembuh, di antaranya pasien kasus 48 berinisial RS, pasien 101 inisial AHT, pasien 141 inisial MH, pasien 144 inisial NW dan dokter Caroline pasien 169. kelimanya tercatat sebagai pasien dari Kota Ternate," kata Alwia.

Selain itu, hari ini sesuai hasil pemeriksaan 58 spesimen melalui TCM RSUD CHasan Boesoerie Ternate ditemukan 16 pasien positif baru. Kemudian pemeriksaan tiga spesimen melalui PCR Prodia Ternate ditemukan satu pasien sehingga yang terkonfirmasi positif baru berjumlah 17 orang.

Dengan penambahan 17 kasus baru, Malut memiliki 400 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini kategori orang tanpa gejala (OTG) 1.002 orang, 88 ODP dan 46 PDP.


Editor : Donald Karouw