Ratusan Satwa Liar Ditranslokasikan dari Papua Barat ke Maluku, Dilepasliarkan di Kepulauan Aru

Umaya Khusniah · Jumat, 12 Maret 2021 - 11:41:00 WIT
Ratusan Satwa Liar Ditranslokasikan dari Papua Barat ke Maluku, Dilepasliarkan di Kepulauan Aru
Petugas BKSDA Maluku menerima ratusan ekor satwa liar dari BBKSDA Papua Barat. (Foto: INstagram BKSDA Maluku)

JAKARTA, iNews.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKDSA) Maluku menerima satwa liar yang ditranslokasikan dari BBKSDA Papua Barat. Satwa liar ini akan dilepasliarkan di Kepulauan Aru. 

Seperti dikutip dari akun resmi BKDSA Maluku @bksdamaluku, penyerahan satwa liar dilakukan di Pelabuhan Laut Yos Sudarso, Ambon, Rabu (10/3/2021) malam sekitar pukul 20.30 WIT. 

Total satwa liar yang ditranslokasikan ada 129 ekor. Rinciannya, 39 ekor ular sanca hijau (Morela Viridis), dua ekor ular sanca permata (Morela amethistina), enam ekor Biawak Maluku (Varanus Indicus), 81 ekor biawak hitam (Varanus beccari) dan seekor kadal panana (Tiliqu gigas). 

"Satwa-satwa ini merupakan hasil kegiatan pengamanan peredaran Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) petugas BBKSDA Papua Barat Bidang Wilayah I Sorong," keterangan yang tertulis dalam unggahan tersebut.

Untuk selanjutnya, satwa-satwa tersebut akan diistirahatkan terlebih dahulu di Kantor BKSDA Maluku. Pada Kamis pagi, hewan-hewan ini dibawa ke Kandang Transit Passo untuk pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan dari Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Ambon. Selanjutnya, hewan-hewan tersebut segera dilepasliarkan di Kepulauan Aru.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: