Ratusan Pengendara di Malut Kena Tilang Elektronik, Polisi: Kesadaran Berlalu Lintas Minim

Antara ยท Jumat, 20 Januari 2023 - 13:13:00 WIT
Ratusan Pengendara di Malut Kena Tilang Elektronik, Polisi: Kesadaran Berlalu Lintas Minim
Polisi menilai kesadaran pengendara saat berlalu lintas di Malut masih minim. Sebab, 300 surat konfirmasi tilang diterbitkan sejak ETLE berlaku awal 2023. (Foto: Ilustrasi/Antara)

TERNATE, iNews.id - Sebanyak 300 surat konfirmasi tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dikirim ke pengguna lau lintas di Maluku Utara (Malut) sejak diberlakukan mulai awal 2023. Polisi menilai fenomena itu akibat kesadaran pengendara saat berlalu lintas masih minim.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Malut, Kompol Hendra Gunawan mengatakan, dalam sehari petugas harus mengirim surat hingga ke 20 pelanggar. Menurutnya, itu membuktikan kalau kesadaran pengendara roda dua dan roda empat di Malut masih minim.

Dirinya juga meminta kepada warga yang sudah kena surat pemberitahuan dari petugas agar segera melakukan konfirmasi. Hendra memastikan pihaknya sudah menyeleksi ribuan pelanggar yang tertangkap kamera ETLE.

"Sebelum kita kirim surat konfirmasi ke pelanggar, kita lihat dulu tingkat pelanggaran dan cocokkan nomor kendaraan, jenis kendaraan dan lainnya, jika udah sangat valid betul kita lalu kirimkan surat konfirmasi ke yang bersangkutan," katanya, Jumat (20/1/2023).

Hendra menjelaskan, puluhan pelanggar yang diberi surat konfirmasi itu paling banyak didominasi kendaraan roda dua karena tidak mengenakan helm sebagai pelindung kepala. Jenis pelanggaran ini diprioritaskan karena tingkat fatalitas sangat tinggi.

Kendati demikian, kata dia, pengendara yang tertangkap kamera tilang sebagai pelanggar masih membandel melakukan konfirmasi saat menerima surat pemberitahuan dari petugas. Dia menyebut, dari sekian banyak yang sudah menerima surat pemberitahuan tersebut, yang datang memenuhi panggilan konfirmasi ke kantor Ditlantas Polda Malut masih terbilang sedikit.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: