Karyawan PT NHM dan PT Antam Positif Covid-19, Kasus Corona Malut Melonjak

Ismail Sangaji ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 23:30 WIB
Karyawan PT NHM dan PT Antam Positif Covid-19, Kasus Corona Malut Melonjak
Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut dr Alwia Assagaf dalam konferensi pers, Kamis (2/7/2020). (Foto: iNews/Ismail Sangaji)

TERNATE, iNews.id – Jumlah total pasien positif Covid-19 di Provinsi Maluku Utara (Malut) telah mencapai 940 orang hingga Kamis (2/7/2020). Lonjakan kasus di provinsi ini disebabkan penambahan ratusan kasus dari dua perusahan pertambangan, yakni PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) dan PT Aneka Tambang (Antam).

Adapun rinciannya, di PT NHM yang berada di Kabupaten Halmahera Utara, terdata sebanyak 192 orang karyawan positif Covid-19. Data tersebut diterima Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Malut dari laporan dari PT NHM, berdasarkan hasil uji PCR di Rumah Sakit Silowan Manado.

“Jadi ada penambahan lagi, Halmahera Utara. Penambahan kasus sebanyak 64 orang hari ini dan semua dari PT NHM. Dalam data kami, hingga kini sudah 192 karyawan NHM yang positif Covid-19,” kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut dr Alwia Assagaf dalam konferensi pers, Kamis (2/7/2020).

Saat ini, para karyawan PT NHM yang positif Covid-19 sudah mendapat perawatan medis. Mereka menjalani karantina di Kota Ternate dan Halmahera Utara.

Sementara di Kabupaten Halmahera Timur, kasus positif Covid-19 sebanyak 58 orang. Dari jumlah itu, 12 di antaranya merupakan karyawan PT Antam. Sementara 15 orang merupakan mitra perusahan dan 31 orang merupakan warga di sekitar pertambangan.

“Sebanyak 58 kasus positif itu menurut data yang masuk ke Pusdatin. Dari 58 orang ini, karyawan PT Antam yang positif 12 orang dari 46 yang dites swab. Kemudian ada mitra dari PT Antam, dari 51 yang dites swab, 15 di antaranya positif. Sisanya masyarakat dari 84 yang dites swab, 31 positif,” katanya.

Para karyawan PT Antam, perusahaan mitra dan warga sekitar yang positif Covid-19 langsung menjalani karantina di lokasi karantina yang telah disiapkan oleh perusahan di Halmahera Timur.

Dengan penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 204 orang dari karyawan dan warga sekitar dua pertambangan itu, membuat kasus positif corona di Provinsi Malut meningkat drastis. Hingga hari ini, tercatat total kumulatif pasien positif corona di Malut telah mencapai 940 kasus.

“Dari kasus positif di Malut, tertinggi ada di Kota Ternate, disusul Kabupaten Halmahera Utara, dan Kota Tidore Kepulauan,” kata dr Alwia Assagaf.

Sementara pasien yang sembuh di Provinsi Malut hari ini bertambah sebanyak lima orang. Total kumulatif pasien yang sembuh kini 117 orang dari sebelumnya 112 orang.

Pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Malut per 1 Juli tetap 31 orang. Tidak ada penambahan kasus kematian hari ini, seperti halnya Rabu kemarin.


Editor : Maria Christina