Punya Wilayah Luas, Pemkab Halmahera Timur Usulkan Penambahan Koramil

Antara ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 08:31 WIB
Punya Wilayah Luas, Pemkab Halmahera Timur Usulkan Penambahan Koramil
Ilustrasi TNI - AD. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) mengusulkan penambahan Komando Rayon Militer (koramil). Bantuan aparat TNI AD dinilai diperlukan untuk membantu pembinaan wilayah teritorial.

"Saya memaparkan kepada Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev), wilayah Haltim ini cukup luas, tetapi hanya memiliki dua Koramil. Bila disetujui oleh pimpinan pusat, ditambah menjadi empat koramil," kata Bupati Haltim, Muhdin Hi Ma'bud, Senin (20/7/2020).

Menurut Bupati, luas wilayah daratan Haltim mencapai 6.506,19 KM2 dengan penduduk 95.005 jiwa. Wilayah ini memiliki 10 kecamatan dan 73 desa, sehingga membutuhkan bantuan aparat teritorial khusunya TNI AD untuk membantu pembinaan teritorial.

Bupati menyatakan mendukung penyelenggaraan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 Kodim 1505/Tidore. Namun, menyarankan kepada tim Wasev untuk menambahkan jumlah Koramil di Kabupaten Haltim.

Haltim merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ufuk timur Indonesia bagian Utara Provinsi Malut. Daerah ini memiliki kekayaan alam flora dan fauna serta tambang nikel sehingga menarik minat investor menanamkan modalnya di sini. Selain itu, pesona wisata serta keindahan alam juga terhampar luas.

Sementara Dansatgas TMMD ke 108 Kodim 1505/Tidore, Letkol Inf Cecep Kurniyawan dalam perbincangan pada saat waktu rehat acara penyambutan kunjungan tim Wasev ke kabupaten Haltim menyampaikan, telah dibentuk satuan Kodim persiapan. Nantinya Haltim bukan hanya akan ditambahkan Koramil tetapi juga memiliki Kodim baru.

Kunjungan tim Wasev dari Staf Teritorial TNI Angkatan Darat (Sterad) dipimpin Brigjen Brigjen TNI Fajar Setyawan dan didampingi Dansatgas TMMD, Kolonel Inf Cecep Kurniawan mendapat sambutan baik Pemkab maupun masyarakat Haltim.


Editor : Umaya Khusniah