Protes Transparansi Dana Bansos di Malang, Ketua RW Nyaris Dihajar Warga

Deni Irwansyah ยท Jumat, 08 Mei 2020 - 14:13 WIT
Protes Transparansi Dana Bansos di Malang, Ketua RW Nyaris Dihajar Warga
Kericuhan antara warga dan perangkat desa di Malang terkait dana bansos. (Foto: iNews/Deni Irwansyah)

MALANG, iNews.id – Aksi protes dana bantuan sosial (bansos) di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) nyaris ricuh. Seorang ketua RW hampir dikeroyok warga.

Aksi protes ini terjadi di Kantor Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (8/5/2020) pagi. Puluhan warga menggeruduk kantor lantaran merasa pembagian dana bansos tidak merata dan tepat sasaran.

Tidak terima diprotes, ketua RW tersebut balik menunjuk-nunjuk warga sambil mengumpat kasar. Suasana menjadi tegang dan panas.

Warga yang terpancing emosi, lantas berusaha mengeroyok ketua RW. Beruntung, anggota polisi dan TNI yang berada di lokasi langsung sigap melerai.

Menurut salah satu warga, Dian, mereka mendatangi kantor kelurahan lantaran ingin meminta kejelasan terkait pendataan penerima bansos. Data terbaru banyak yang tidak disetujui malah menggunakan data lama.

“Kami mau minta keterangan dari Pak RW tidak pernah menemukan titik terang. Data sesuka hari Pak RW sendiri, kami tidak tahu. Dia tidak ada upaya untuk memperjuangkan warganya. Banyak yang tidak tepat sasaran dan banyak orang kaya justru menerima bantuan,” katanya.

Pertemuan yang dihadiri Lurah Kidul Dalem, Atyatul Husnah; staf serta ketua rw setempat tidak menemukan titik temu. Lurah menyatakan warga miskin yang sudah didata.

“Bagi yang belum mendapatkan bansos, akan didata kembali dan didaftarkan kepada penerima bantuan dari APBD yang diajukan kepada pemkot Malang,” katanya.

Usai mendapatkan janji dari lurah, warga yang protes akhirnya membubarkan diri.


Editor : Umaya Khusniah