Pilkada 2020, Bawaslu Ternate Perketat Pengawasan Mulai dari Tingkat Kelurahan dan Kecamatan

Antara ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 11:25 WIB
Pilkada 2020, Bawaslu Ternate Perketat Pengawasan Mulai dari Tingkat Kelurahan dan Kecamatan
Ilustrasi Pilkada. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan memperketat pengawasan terhadap pelanggaran di tingkat kecamatan dan kelurahan. Salah satunya saat tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) agar sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

"Kami akan memperkuat tata cara bagaimana melakukan pengawasan saat coklit sehingga ada pun hal-hal yang sifatnya keliru atau bertantangan dengan perundang-undangan maka bisa dilakukan perbaikan," kata Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Ternate, Sulfi Majid, Senin (20/7/2020).

Dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) terkait tata cara penanganan pelanggaran pemilihan bagi Panwaslu di Ternate, Sulfi mengatakan, dari hasil pengawasan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) apabila terdapat kekeliruan, maka diberikan kepada anggota Panwascam untuk diplenokan dan ditindaklanjuti. Hal itu untuk memutuskan sebuah pelanggaran atau bukan.

"Sehingga, dengan adanya penguatan-penguatan ini yang kita bekali kepada Panwascam dan PPL agar intensif melakukan pengawasan," kata Sulfi.

Rencananya, Bawaslu akan melakukan penguatan pengawasan di delapan kecamatan dengan menerapkan protokol kesehatan mengantisipasi virus corona.

"Kami telah ke Ternate Selatan dan Ternate Utara. Untuk Ternate Tengah, Ternate Barat dan Ternate Pulau pada 20 Juli 2020 dan dilanjutkan ke Hiri, Moti dan Batang Dua," ujar Sulfi.


Editor : Umaya Khusniah