Personel Gabungan Patroli di Ambon Imbau Warga Terapkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Antara ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 15:17 WIB
Personel Gabungan Patroli di Ambon Imbau Warga Terapkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19
Personil Brimob Polda Maluku saat melakukan patroli dan imbau warga untuk memenuhi protokol kesehatan, Kamis (11/6/2020). (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Personel gabungan yang terdiri atas Satbrimob bersama Dit Sabhara, Propam, Dit Intelkam, Dit Binmas, Dit Polair, Dit Lantas Polda Maluku melakukan patroli di sejumlah ruas jalan di Kota Ambon, Kamis (11/6/2020). Dalam patroli, mereka mengimbau warga mematuhi protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus.

Patroli menyasar sejumlah tempat yang menjadi pusat keramaian di antaranya SPBU, bank, pangkalan ojek, swalayan, dan Maluku City Mall (MCM). Personel menyampaikan imbauan terkait langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

Komandan Peleton (Danton) 4 Kompi 1 Batalyon A pelopor Brimob Polda Maluku, Bripka D. Lulubay mengimbau para sopir angkot yang sedang beraktivitas agar terus mengingatkan calon penumpang untuk memakai masker dan selalu menjaga jarak. Para sopir angkot juga diingatkan untuk mematuhi aturan mengangkut 50 persen penumpang dari jumlah kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Sementara saat mengunjungi pangkalan ojek, para personel juga mengingatkan pengemudi sedang mangkal agar selalu menggunakan masker dan menjaga jarak. Mereka juga diminta menegur warga yang tidak mengunakan masker.

Saat patroli ini, personel juga turut melakukan penertiban penumpang dalam angkot dengan membatasi hanya enam orang.

Bripka Lulubay mengaku penertiban dilakukan tim gabungan dengan cara yang humanis. Harapannya, masyarakat lebih sadar untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Saudara-saudara, saya harap dapat mematuhi imbauan pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan virus corona. Jaga jarak, cuci tangan setelah beraktivitas dan pakai masker jika keluar rumah," ujarnya.

Personel gabungan juga mengimbau warga bersama polisi berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang bebas dari kejahatan. Di antaranya pencurian, perampokan, penyalahgunaan narkoba dan tindak kejahatan lain.

"Dengan patroli rutin Insya Allah wilayah kita aman dan kondusif. Seringnya petugas melakukan patroli maka berdampak mengurangi niat dan kesempatan pelaku tindak kejahatan melancarkan aksi jahatnya," ujarnya.

Dia berharap imbauan yang disampaikan terus menerus kepada warga di Kota Ambon dapat berdampak menekan penularan Covid-19 di Maluku.


Editor : Umaya Khusniah