Pemprov Malut Siapkan Rp50 Miliar untuk Kabupaten/Kota yang Terapkan PSBB

Antara ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 08:18 WIB
Pemprov Malut Siapkan Rp50 Miliar untuk Kabupaten/Kota yang Terapkan PSBB
Ilustrasi PSBB. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) mengalokasikan dana Rp50 miliar untuk setiap kabupaten/kota yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dana tersebut disimpan di kas daerah lantaran belum ada pengusulan PSBB.

"Kami telah mengalokaskan dana bagi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sebesar Rp50 miliar dikhususkan untuk setiap daerah memberlakukan PSBB, tetapi karena belum ada pengusulan, makanya anggaran tersebut telah disimpan di kas daerah," kata Sekda Malut, Samssudin A Kadir, Sabtu (27/6/2020).

Karena dana belum dimanfaatkan, maka Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut melakukan penghematan dari anggaran yang disediakan sebesar Rp148 miliar. Dana tersebut dialokasikan dengan cara merevisi belanja barang dan jasa di lingkup Pemprov Malut.

Samssudin menambahkan, gugus tugas juga mendapatkan bantuan dari donator dalam beberapa bulan terakhir. Akibatnya, ada penghematan dana sebesar Rp20 miliar terutama untuk penyediaan alat kesehatan, obat-obatan maupun sosialisasi.

Saat ini gugus tugas sedang berupaya melalukan tes cepat massal di titik tertentu. Rapid test ini dilakukan karena terjadi transmisi lokal.

Selain rapid tes, gugu tugsas juga akan melakukan sosialisasi terutama untuk karantina massal. Ini karena adanya rencana pasien positif Covid-19 dengan umur lebih dari 60 tahun menjalani karantina.

Sementara untuk pasien di bawah umur 60 tahun baik itu berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) maupun Orang Dalam Pemantaun (ODP) positif tertular virus corona menjalani jalani karantina mandiri.

"Karena tempatnya yang disediakan terbatas, padahal pasien positif bertambah banyak," katanya.


Editor : Umaya Khusniah