Pemkot Ambon Upayakan Pekerja Seni Dapat Bantuan Penanganan Covid-19

Antara ยท Senin, 11 Mei 2020 - 16:12 WIB
Pemkot Ambon Upayakan Pekerja Seni Dapat Bantuan Penanganan Covid-19
Ilustrasi penyanyi. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku, akan mengakomodasi para pekerja seni terutama penyanyi panggungg off air untuk masuk kategori penerima bantuan penanganan Covid-19. Mereka terancam kehilangan pekerjaan selama pandemi corona.

“Kita melupakan mereka. Kalau situasi normal tidak ada masalah, tapi sekarang ini mereka juga sulit," kata Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, AG Latuheru di Ambon, Minggu (10/5/2020).

Penyanyi panggung, merupakan salah satu pekerjaan di sektor informal yang berhubungan dengan pembatasan sosial dan berkurangnya aktivitas publik serta perayaan. Karena itu, Pemkot Ambon berupaya untuk membantu mereka selama masa perang terhadap wabah corona.

"Bagaimana mereka mau hidup? Tamu di hotel sudah semakin berkurang, restoran-restoran dan kafe juga operasionalnya sudah berkurang sama sekali, kegiatan-kegiatan dalam bentuk pesta, kumpul orang banyak, perayaan untuk sementara ditiadakan karena berhubungan dengan social distancing," kata Latuheru.

Saat ini, pihaknya tengah mengkaji bantuan penanganan Covid-19 kepada para pekerja seni. Jika memungkinkan, mereka akan dimasukkan dalam kategori penerima bantuan sesuai dengan wilayah tempat tinggal.

Misalnya, jika para pekerja seni berdomisili di wilayah kelurahan, maka akan mendapatkan bantuan dalam bentuk paket sembako. Tapi jika berada di desa maka akan menerima bantuan langsung tunai (BLT).

Bantuan kepada mereka akan disalurkan dalam pembagian bantuan tahap kedua yang diperuntukkan bagi ibu-ibu pedagang keliling dan pedagang asongan, juga pekerja di sektor informal lainnya. Pembagian tahap kedua tersebut sudah berjalan, dan hanya tersisa tujuh dari 20 keluruhan yang belum mendapatkan bantuan.

“Dipastikan hingga Selasa, 12 Mei 2020 akan selesai dibagi,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah