Pemkab Halmahera Utara Tiadakan Salat Idul Adha di Lapangan Terbuka

Antara ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 13:40 WIB
Pemkab Halmahera Utara Tiadakan Salat Idul Adha di Lapangan Terbuka
Ilustrasi Salat Idul Adha. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) meniadakan penyelenggaraan Salat Idul Adha di lapangan terbuka pada 31 Juli 2020 nanti. Hal ini karena masih tingginya penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

"Nanti kami menyurat ke Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Halut dan sampai saat ini kemungkinan Salat Idul Adha akan dilakukan di masjid masing-masing," kata Kabag Kesra Sekretariat Daerah Halut, Bahri Dode, Rabu (22/7/2020).

Meski tidak ada larangan dari pemerintah pusat untuk melakukan Salat Idul Adha di lapangan terbuka, pemkab belum melakukan rapat persiapan. Ada kemungkinan Salat Idul Adha hanya di lakukan di masjid.

"Belum ada rapat persiapan, nanti diinformasikan jika ada perubahan terkait pelaksanaan Salat Idul Adha," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PHBI Halut, Rustam Djafar mengatakan, Salat Idul Adha pada tahun 2020 tidak dilakukan di lapangan, akan tetapi dilaksanakan di masjid. Ini dikarenakan saat ini bencana nonalam Covid-19 masih berlangsung.

"Tidak dilakukan di lapangan, mengingat kondisi saat ini. Kemungkinan pekan depan sudah ada jadwalnya. Meski masjid sudah dibuka, akan tetapi protokol kesehatan tetap dilaksanakan dan para jemaah Salat Idul Adha harus menggunakan masker," katanya.


Editor : Umaya Khusniah