Pemerintah Pusat Janji Bantu Relokasi 300 Rumah Terdampak Banjir dan Longsor di Halmahera Utara

Antara ยท Selasa, 02 Februari 2021 - 18:13:00 WIT
Pemerintah Pusat Janji Bantu Relokasi 300 Rumah Terdampak Banjir dan Longsor di Halmahera Utara
Banjir di Halmahera Utara rendam ratusan rumah. (Foto: BMKG)

TERNATE, iNews.id Pemerintah pusat bersedia merelokasi warga korban banjir dan longsor di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) sesuai permintaan korban. Sebanyak 300 rumah di Desa Roko, Kecamatan Galela Barat akan direlokasi ke wilayah yang aman.

Bupati Halut, Frans Manery menyatakan, permintaan relokasi korban banjir telah mendapat respon cepat dari pemerintah Pusat. Mereka menjawab permintaan warga korban bencana beberapa waktu lalu dan saat ini mulai direalisasikan.

“Bantuan tersebut dari Mensos maupun Pemda dikhususkan untuk empat kecamatan. Di antaranya. Kao barat, Galela Barat, Galela Utara, dan Loloda Utara,” katanya, Selasa (2/2/2021).

Frans menambahkan, total ada 16 desa yang terdampak bencana 14 Januari lalu. Total ada 1.389 kepala keluarga (KK) atau 5.723 jiwa. 

Pada Kamis (28/1/2021) lalu, Wakil Menteri PUPR berkunjung ke Halut untuk melihat langsung sejumlah infrastruktur yang rusak akibat diterjang banjir. Selain itu, dia berjanji akan menormalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di tiga titik, yakni Wailamo, Tiabo dan Sungai Roko.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2