Pemasangan Jaringan Selesai, Masyarakat 2 Kecamatan di Maluku Tenggara Bisa Nikmati Listrik

Antara ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 09:42 WIB
Pemasangan Jaringan Selesai, Masyarakat 2 Kecamatan di Maluku Tenggara Bisa Nikmati Listrik
Ilustrasi jaringan listrik. (Foto: Istimewa)

TUAL, iNews.id – Masyarakat di Kecamatan Kei Besar Selatan Barat dan Kei Besar Selatan, Maluku Tenggara, Maluku segera dapat menikmati aliran listrik pada bulan Juli 2020. PT PLN UP3 Tual Maluku sudah merampungkan pembanguan jaringan listrik.

"Bulan ini, kita akan nyalakan listrik bagi desa/ohoi di Kecamatan Kei Besar Selatan Barat dan Kei Besar Selatan yang sudah terpasang jaringannya," kata Manajer PLN UP3 Tual Alexsander Manuhuwa, Rabu (8/7/2020).

Dia mengatakan sudah ada permohonan dari 618 calon pelanggan. Sebanyak 433 rumah di antaranya dalam proses penyambungan karena sudah membayar.

Di Kecamatan Kei Besar Utara Barat, sudah ada 10 ohoi yang mengajukan permohonan dengan 584 calon pelanggan. Sebanyak 340 calon pelanggan di antaranya sudah membayar biaya penyambungan.

"Dari 340 calon pelanggan yang sudah membayar biaya penyambungan, PLN sudah melakukan penyambungan di 259 rumah. Kini mereka sudah menikmati listrik yang selama ini belum pernah dirasakan," ujarnya.

Sementara untuk Kecamatan Kei Besar Utara Timur, dilakukan secara bertahap yang disesuaikan dengan akses jalan.

"Pelayanan listrik di Kei Besar Utara Timur hingga kini sudah sampai di Ohoi Hollat dan akan menuju Ohoi Ohoifauw dengan akses jalan sudah sampai di situ," kata Alexsander.

Alexander mengatakan, tindak lanjut dari penyalaan listrik 24 jam pada Mei 2020 di wilayah Kei Besar saat ini berjalan baik. Sekalipun ada gangguan pada dua unit mesin yang masih dalam perbaikan, daya masih cukup untuk penyalaan 24 jam.

“Faktor dominan gangguan adalah pohon, yang mengganggu jaringan PLN,” katanya.

Maka dari itu, dia berharap bagi masyarakat yang punya pohon untuk sering memangkasnya. Hal ini supaya tidak timbul gangguan yang mengakibatkan lampu padam.

Dengan adanya daya mampu yang terpasang di Elat, masyarakat dipersilakan menambah daya listrik di rumahnya. Selain itu juga ada mesin lama 0,9 MW yang tetap beroperasi.

“Masyarakat juga kami minta rajin bayar listrik, guna operasional pelayanan," katanya.


Editor : Umaya Khusniah