PAUD hingga SD di Ternate Mulai Belajar Tatap Muka, Terapkan Protokol Kesehatan

Antara ยท Senin, 11 Januari 2021 - 10:29:00 WIT
PAUD hingga SD di Ternate Mulai Belajar Tatap Muka, Terapkan Protokol Kesehatan
Belajar tatap muka. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Dinas Pendidikan Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menerapkan kegiatan belajar tatap muka. Sekolah yang menerapkan mulai dari tingkat PAUD, TK dan SD.

"Paling penting dalam belajar tatap muka harus menjaga jarak, kalau di dalam ruangan belajar 30 orang. Jadi para murid masuk hanya separuh," kata Kadiknas Kota Ternate, Ibrahim Muhammad, Minggu (10/1/2021).

Penerapan belajar tatap muka dimulai dengan tetap menerapkan  protokol kesehatan Covid-19. Ini bertujuan mencegah adanya klaster baru.

Menurut dia, pemerintah pusat menyerahkan ke kepala daerah soal penerapan belajar tatap muka. Apalagi, status Covid-19 di Kota Ternate sekarang sudah kuning.

Dia mengatakan, hasil simulasi masih membutuhkan sosialisi lebih baik. Sebab, ada orang tua yang mengantarkan anaknya ke sekolah tidak menggunakan masker.

Selain itu juga harus menyiapkan daftar periksa cuci tangan, hand sanitizer dan masker.

"Orang tua yang mengantar anaknya ke sekolah, sosialisasinya oleh kepala sekolah. Hasil evaluasi simulasi belum terlalu maksimal dan ada kendala orang tua yang berkerumunan dan sif juga belum diperketat," ujar Ibrahim.

Dia mengemukakan, untuk handsanitizer dan masker, sekolah sudah menyiapkan  dengan memanfatkan dana bantuan operasional sekolah daerah (Bosda).

"Jadi dana Bosda itu dimanfaatkan untuk pengadaan handsanitizer dan masker unuk dibagikan kepada parasiwa," kata Ibrahim.

Editor : Umaya Khusniah