Panjat Pagar, Napi Kasus Pembunuhan Kabur dari Lapas Ternate

Ismail Sangaji ยท Selasa, 24 Agustus 2021 - 16:42:00 WIT
Panjat Pagar, Napi Kasus Pembunuhan Kabur dari Lapas Ternate
Napi perkara pembunuhan, Muhammad Kasim alias Upi, melarikan diri dari Lapas Kelas IIA Ternate, Selasa (24/8/2021). Warga diminta melaporkan jika melihat napi yang dipidana 20 tahun penjara ini. Foto: Istimewa

TERNATE, iNews.id - Napi perkara pembunuhan, Muhammad Kasim Hafel alias Upi, kabur dari Lapas Kelas IIA Ternate, Selasa (24/8/2021) dini hari. Upi merusak gembok kamar sel dan memanjat pagar lapas.

Kalapas Kelas IIA Ternate, Maman Hermawan mengungkapkan, Upi merupakan penghuni blok maximum security dan satu sel dengan Bayu yang merupakan napi perkara narkotika. Upi dipidana 20 tahun penjara dan telah menjadi penghuni lapas sejak 2014 yang lalu.

“Dia awalnya memang sudah merencanakan dengan merusak gembok kamar itu," kata Maman.

Menurut Maman, Upi dan Bayu berkomplot untuk lari dari penjara. Namun petugas berhasil mengamankan Bayu dari upaya pelarian sekitar pukul 03.00 WIT.

"Waktu Bayu mau memanjat pagar, anggota sudah terlebih dulu menemukan Bayu sehingga upaya Bayu untuk lari bersama dengan Upi digagalkan," ujar Maman.

Sekarang ini, lanjut Maman, jajarannya berkoordinasi dengan kepolisian untuk memburu napi kabur, Upi. Dia juga menegaskan tidak ada anggota lapas yang terlibat dalam kaburnya napi.

"Kita semuanya termasuk dengan polisi sedang berusaha untuk melakukan pengejaran terhadap yang bersangkutan," kata dia. 

Maman meminta masyarakat Kota Ternate membantu aparat. Masyarakat diminta melapor aparat jika melihat sosok Upi atau mendengar adanya kedatangan orang yang tidak dikenal.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: