Pandemi Covid-19, Bupati Kepulauan Tanimbar Ajak Masyarakat Perkuat Ketahanan Pangan

Antara ยท Selasa, 05 Mei 2020 - 17:32 WIT
Pandemi Covid-19, Bupati Kepulauan Tanimbar Ajak Masyarakat Perkuat Ketahanan Pangan
Ilustrasi ketahana pangan. (Foto: Istimewa)

SAUMLAKKI, iNews.id - Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon menginstruksikan para camat, kepala desa dan masyarakat agar memperkuat ketahanan pangan lokal. Hal ini untuk menghindari kerawanan pangan akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, ketahanan pangan bukan hanya tanggung jawab Dinas Ketahanan Pangan tetapi semua pihak.

“Untuk itu, kita harus dorong dan kampanyekan tanam tanaman lokal untuk perkuat pangan lokal di desa-desa" katanya usai melantik Penjabat Sekretaris Daerah di ruang Rapat kantor Bupati Kewarbotan Saumlakki, Senin (4/5/2020).

Di hadapan Penjabat Sekda, para staf ahli Bupati, para Asisten Setda, dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Petrus menyatakan telah mengeluarkan surat edaran pada bulan Maret lalu. Suray edaran ini ditujuka kepada para camat dan kepala desa.

Selain itu, juga dikeluarkan Instruksi Bupati dua pekan lalu yang menegaskan kepada para jajaran untuk mengawal kebijakan tersebut. Tak lupa, bupati pun menugaskan para Asisten Setda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Bagian Pemerintahan Setda, dan Dinas Ketahanan Pangan untuk aktif melakukan kontrol.

"Pastikan harus ada dukungan dari Pemdes, serta berikan motivasi dan edukasi kepada para Kades dan masyarakat untuk mulai menanam hari ini dan tidak boleh menunggu besok," kata Bupati yang juga ketua Gugus Tugas Penanganan Covid -19 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Para Camat juga diminta untuk memonitor dan memastikan pelaksanaannya. Camat diminta segera melaporkan secara berkala agar tidak ada kondisi kerawanan pangan di desa-desa.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga menepis informasi hoaks oleh salah satu media nasional beberapa hari lalu yang menyebutkan bahwa terjadi kerawanan pangan di Desa Eliasa, Kecamatan Selaru. Diberitakan warga menyambung hidupnya dengan meminta makanan dari tetangga yang juga tengah kesulitan menghadapi pandemi Covid -19.

"Saya sudah meminta Camat Selaru mengecek langsung dan ternyata tidak ada kerawanan pangan di sana. Yang terjadi adalah ada satu warga yang datang ke saudaranya untuk meminta hasil kebun dan itu hal yang lumrah di Tanimbar," kata Petrus.


Editor : Umaya Khusniah