Misterius, 3 Kuburan Ini Meninggi hingga 1,5 Meter

Rus Akbar ยท Sabtu, 27 Maret 2021 - 15:05:00 WIT
Misterius, 3 Kuburan Ini Meninggi hingga 1,5 Meter
Kondisi makam yang meninggi hingga 1,5 meter. (Foto: iNews/Rus Akbar).

AMBON, iNews.id - Warga dibuat geger dengan penemuan kuburan misterius yang meninggi hingga 1,5 meter di wilayah Korong Sungai Asam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Belum diketahui siapa pemilik makam berusia puluhan tahun tersebut.

Tiga kuburan ini diduga makam pandan suku Panyalai dari Datuak Rangkayo Gadang. Namun hasil rapat bersama, pemerintah nagari belum memutuskan siapa pemiliknya.

"Kami sudah rapat bersama utusan dari Datuak Rangkayo Gadang, wali nagari, niniak mamak dan alim ulama. Namun belum bisa diputuskan siapa pemilik kuburan itu," kata Wali Korong Sungai Asam, Anwar, Jumat (26/3/2021)

Menurut dia, memang ada yang mengklaim kuburan itu milik orang tertentu, namun belum pasti karena harus dibahas lebih dulu silsilah awal sampai adanya makam itu.

Tahun lalu, kata Anwar, memang ada kuburan yang meninggi, tapi hanya satu. Beberapa pekan terakhir ini ada tiga lagi yang ikut mengembung hingga 1,5 meter.

"Kemudian dulu kuburan itu tidak ada nisan, namun belakangan ini sudah ada saja nisannya dari batu air (sungai) entah siapa yang memberikannya," katanya.

Akibat keanehan itu, kata dia, banyak warga mendatangi kuburan tersebut. Supaya tidak diinjak-injak, pemuda setempat memberikan pembatas seperti tali plastik.

"Lokasi kuburan itu memang ada ratusan kuburan lain namun yang meninggi tiba-tiba itu hanya tidak dalam satu lokasi," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: