Lestarikan Budaya, Batik Lokal Maluku Utara Didorong Jadi Seragam ASN

Antara · Senin, 05 Oktober 2020 - 18:27:00 WIT
Lestarikan Budaya, Batik Lokal Maluku Utara Didorong Jadi Seragam ASN
Batik motif khas Maluku Utara. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara (Malut) Kuntu Daud mendorong pengembangan batik lokal untuk bisa dijadikan seragam aparatur sipil negara (ASN). Seragam tersebut nantinya digunakan baik di level pemerintah provinsi dan juga kabupaten/kota.

"Kita harus bangga mengenakan batik kita sendiri. Apalagi berbagai corak batik lokal khas memiliki berbagai motif, di antaranya Batik Tubo di Ternate, Batik Sula dan Puta Dino Tidore," katanya Senin (5/10/2020).

Menurutnya, batik merupakan kekayaan daerah yang harus dilestarikan. Sementara salah satu langkah konkrit pelestarian batik yakni dengan dijadikan seragam ASN.

Dia mengaku kerap mengenakan batik dalam berbagai agenda, baik urusan kantor maupun keluarga. Untuk memilih batik yang tepat untuk dijadikan seragam ASN, Pemprov melalui instansi terkait harus melakukan kajian yang melibatkan stakeholder lainnya.

Politisi PDI Perjuangan ini berjanji akan menyampaikan rencana tersebut kepada anggota DPRD dalam sebuah pertemuan resmi. Wacana ini juga akan disampaikan kepada Gubernur Malut, KH Abdul Gani Kasuba.

"Kita harus serius mewujudkan ini, gubernur dan jajarannya juga harus mendukung. Ini untuk daerah kita," ujarnya.

Baginya, selain melestarikan kekayaan daerah, batik juga akan mendorong perkembangan UMKM lokal. Di antaranya produsen kain batik serta penjahit pakaian.

“Bahkan jika harus membutuhkan mesin modern dengan kapasitas produksi yang besar, pemda juga harus turut membantu. Bisa kita bayangkan dampak ekonominya, jika ribuan pegawai yang akan mengenakan baju batik, UMKM kita akan maju,” katanya.

Kuntu juga berharap, masyarakat Malut bangga mengenakan batik daerah dalam berbagai aktivitas.Langkah ini untuk mendorong batik daerah agar bisa dikenal, tidak hanya di Malut tapi di tingkat nasional.


Editor : Umaya Khusniah