KSAL Resmikan Dermaga Lanal Saumlaki Maluku, Seluruh Kapal Militer TNI Bisa Bersandar

Antara, Riezky Maulana ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 10:38:00 WIT
KSAL Resmikan Dermaga Lanal Saumlaki Maluku, Seluruh Kapal Militer TNI Bisa Bersandar
KSAL Laksamana Yudo Margono meresmikan Dermaga Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Kamis (17/6/2021). Lanal Saumlaki bakal mendukung kegiatan logistik AL di wilayah selatan. Foto: Istimewa

SAUMLAKI, iNews.id - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono meresmikan Dermaga Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Kamis (17/6/2021). Lanal Saumlaki akan meningkatkan fungsi pangkalan dan mendukung tugas pokok TNI AL dalam melaksanakan operasi di wilayah selatan.

Yudo mengungkapkan, Dermaga Lanal Saumlaki memiliki nilai strategis. Saumlaki merupakan satuan TNI terintegrasi yang telah diresmikan Panglima TNI selain Natuna dan Morotai.

"Ke depan bisa mendukung administrasi logistik kita atau unsur-unsur operasional kita yang berada di perbatasan dengan Australia. Dan juga dengan adanya pengeboran di Laut Selaru, kita juga bisa mengamankan dengan KRI atau kapal-kapal kita," ujar KSAL Yudo.

Menurutnya, dermaga merupakan persyaratan yang harus dimiliki oleh lanal. Sebab, pangkalan memiliki tugas menyelenggarakan dukungan logistik operasional khususnya KRI maupun kapal-kapal AL.

Selain tugas operasi militer selain perang, dermaga dapat digunakan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam pembentukan percepatan ekonomi di sektor kelautan. Sebab keberadaan TNI AL harus memiliki dampak bagi masyarakat sekitar.

Komandan Lanal (Danlanal) Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa menjelaskan, Dermaga Lanal Saumlaki mulai dibangun pada 17 Januari 2019 dengan panjang dermaga 141 meter dan lebar 12 meter serta kedalaman 14-16 meter. Dermaga ini bisa menampung kapal dengan berat 12.000 gross tonnage (GT)

Dengan spesifikasi itu, dermaga ini mampu disandari semua jenis kapal milik TNI AL. Dermaga ini telah dilengkapi dengan fasilitas untuk mendukung KRI di antaranya fasilitas aliran listrik darat dan air tawar.

"Kehadiran Bapak Kasal dan Ibu tentunya akan meningkatkan semangat dan moral prajurit Lanal Saumlaki yang bertugas di wilayah perbatasan ini," kata Ridwan.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: