Kodim 1505/Tidore Gelar Pembinaan Antisipasi Bahaya Komunis dan Paham Radikal

Antara ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 14:59 WIB
Kodim 1505/Tidore Gelar Pembinaan Antisipasi Bahaya Komunis dan Paham Radikal
Komando Distrik Militer (Kodim) 1505/Tidore, menggelar kegiatan pembinaan antisipasi bahaya laten komunis (Balatkom) dan faham radikal. (Foto: Antrara)

TERNATE, iNews.id - Komando Distrik Militer (Kodim) 1505/Tidore, Maluku Utara (Malut) menggelar kegiatan pembinaan antisipasi bahaya laten komunis dan paham radikal. Kegiatan tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan di antaranya menggunakan masker dan jaga jarak.

Dandim 1505/Tidore, Letkol Inf Cecep Kurniyawan mengatakan pembinaan dalam mengantisipasi paham radikalisme terus diintensifkan. Pembinaan ini sebagai upaya mewaspadai komunisme dan paham radikal demi keselamatan NKRI.

"Kegiatan diikuti 80 orang peserta yang terdiri dari unsur TNI, PNS Kodim 1505/Tidore, para purnawirawan TNI dan ibu-ibu Persit. Tujuannya agar prajurit dan keluarganya memahami tentang bahaya laten komunis dan paham radikal," katannya, Selasa (23/6/2020).

Dengan pembinaan ini, diharapkan menjadi langkah tepat dalam mencegah berkembangnya ajaran komunis dan paham radikal di wilayah Kota Tidore Kepulauan.

Selain itu, disampaikan perkembangan sejarah dan tindakan terhadap partai komunis di Indonesia. Bangkitnya komunis dan strategi menghadapinya, dimana perkembangan paham radikal di Indonesia, pengawasan terhadap kelompok radikal dan sikap, langkah dan tindakan prajurit TNI- AD terhadap komunis dan paham radikal.

Usai kegiatan dilaksanakan juga pemberian bingkisan terhadap para purnawiran TNI oleh Dandim 1505/Tidore.

"Kita harus selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya laten komunis dan paham radikal agar jangan sampai menyusup ke lingkungan keluarga, termasuk dalam lingkungan militer," katanya.


Editor : Umaya Khusniah