Kecam Kekejaman Zionis, Ilmuwan Yahudi Einstein Ramalkan Kematian Israel

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 08 Juni 2021 - 18:20:00 WIT
Kecam Kekejaman Zionis, Ilmuwan Yahudi Einstein Ramalkan Kematian Israel
Tentara militer Israel di perbatasan dekat jalur Gaza. (Foto: Reuters)

Meskipun penolakannya ketika itu terkesan halus dan sopan, Einstein percaya jabatan itu akan bertentangan dengan hati nuraninya sebagai pasifis (orang yang menolak perang dan berbagai macam bentuk kekerasan). Alih-alih harus pindah ke Timur Tengah, dia lebih memilih untuk tetap tinggal di rumahnya di Princeton, New Jersey, AS, sebagai pengungsi Jerman.

“Saat meneliti pandangan Einstein, saya menemukan surat-suratnya yang lain, yang kurang terkenal, tetapi mungkin jauh lebih mengungkapkan daripada yang lain yang telah dia tulis tentang masalah Palestina,” tulis Ridley dalam artikelnya.

Surat itu sangatlah singkat, hanya terdiri atas 50 kata. Dalam surat itu, Einstein juga memberikan peringatan tentang malapetaka terakhir yang dihadapi Bangsa Palestina di tangan kelompok teror zionis.

Dear Sir,

When a real and final catastrophe should befall us in Palestine the first responsible for it would be the British and the second responsible for it the Terrorist organizations build up from our own ranks. I am not willing to see anybody associated with those misled and criminal people.

Sincerely yours,

Albert Einstein.

Terjemahannya kurang lebih seperti ini:

Yang terhormat,

Ketika bencana nyata dan terakhir harus menimpa kita di Palestina, yang pertama bertanggung jawab untuk itu adalah Inggris dan yang kedua bertanggung jawab untuk itu organisasi-organisasi Teroris yang membangun (itu) dari barisan kita sendiri. Saya tidak ingin melihat siapa pun yang terkait dengan orang-orang yang tersesat dan para kriminal itu.

Hormat saya,

Albert Einstein.

Editor : Kastolani Marzuki