Kapolda Maluku Utara Rikwanto Naik Pangkat Jadi Irjen, Wakapolda Lukas Brigjen Pol

Antara ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 03:00 WIB
Kapolda Maluku Utara Rikwanto Naik Pangkat Jadi Irjen, Wakapolda Lukas Brigjen Pol
Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Rikwanto naik pangkat jadi Irjen. (Foto: Antara).

TERNATE, iNews.id - Kapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol Rikwanto dan Wakapolda Kombes Pol Lukas Akbar Abrari naik pangkat menjadi Irjen Pol dan Brigjen Pol tertanggal 20 Mei 2020 sekaligus pelaksanaan upacara di Mapolda Malut, Rabu (20/5/2020).

Kenaikan pangkat Kapolda dan Wakapolda ini menyusul dinaikkan status Polda dari tipe B menjadi tipe A pada 22 April 2020 oleh Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Kapolda Malut naik pangkat dari Brigjen menjadi Irjen Pol dan Wakapolda dari Kombes Pol dinaikkan jadi Brigjen Pol dan pelantikan kenaikan pangkat Kapolda Malut Brigjen Pol Rikwanto menjadi Irjen Pol dari Mabes Polri melalui video conference,” kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rodjikan.

Kapolri Jenderal Idham Azis dalam video conference memimpin upacara Korps Raport atau kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi terhadap 77 Perwira Tinggi (Pati) di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (20/5).

Pangkat Kapolda Malut dinaikkan satu tingkat lebih tinggi menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) bersama enam kapolda lain menyusul adanya perubahan Polda dari tipe B ke tipe A.

Selain itu, Kapolri juga mengukuhkan Brigjen Pol Medisyam sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjen Pol Indrajit sebagai Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar), Brigjen Pol Adnas sebagai Kapolda Gorontalo dan Brigjen Pol Tornagogo Sihombing sebagai Kapolda Papua Barat.

Adip mengakui, kenaikan tipe Polda Malut dari B ke A bersama 6 Polda lainnya melalui proses panjang, dan ada kriteria yang harus dipenuhi, baik aspek geografi, demografi, sumberdaya manusia, sumberdaya alam, ideologi, politik maupun social.

Sehingga otomatis harus diikuti profesionalisme personel dalam memberikan pelayanan publik ke masyarakat, maupun pelayanan lain baik penegakan hukum, perlindungan dan pengayomanan, salah satunya memperkuat tata kelola satuan, termasuk Polres Taliabu.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono menyampaikan, korps raport ini sebagai kelanjutan dari Surat Telegram Rahasia (TR) yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis pada 1 Mei 2020 lalu dan selain Kapolda Malut mendapatkan kenaikan pangkat, terdapat tiga Pati Polri yang tadinya berpangkat Irjen diangkat sebagai Komjen atau Jenderal bintang tiga.

Dalam Korps Raport kali ini, ada tiga kenaikan dari Irjen ke Komjen. diantaranya, Komjen Boy Rafli sebagai Kepala BNPT, Komjen Andap Budi Revianto selaku Inspektur Jenderal Kemenkumham dan Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kabaintelkam Polri.

Bahkan, pelaksanaan upacara juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni setiap peserta dicek kondisi dan suhu badan, wajib menggunakan masker serta menerapkan physical distancing atau jaga jarak.


Editor : Kastolani Marzuki