Kabar Baik, Kota Ambon Bergeser dari Zona Merah menjadi Zona Oranye Covid-19

Antara ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 12:03 WIT
Kabar Baik, Kota Ambon Bergeser dari Zona Merah menjadi Zona Oranye Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id – Kota Ambon, Maluku kini masuk zona oranye yang artinya memiliki risiko penularan Covid-19 sedang. Sebelumya, Kota Ambon masuk zona merah yang artinya memiliki risiko penularan virus tinggi.

"Kota Ambon berubah status dari zona merah turun ke zona orange. Artinya kita turun status daerah dengan risiko terdampak Covid-19 tertinggi, menjadi sedang," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Rabu (8/7/2020).

Menurut dia, Ambon merupakan saru dari 17 kabupaten dan kota yang mengalami penurunan risiko penularan Covid-19 dari tinggi ke sedang atau dari zona merah ke oranye. Daerah tersebut yakni Kabupaten Bangli, Karangasem, Kota Tangerang Selatan, Kota Baru, Balikpapan, Manado, Ambon, Halmahera Utara, Tidore Kepulauan, Mataram, Jayapura, Soppeng, Pare-pare, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Jakarta Timur, dan Pasuruan.

Wali Kota Richard juga mengatakan penurunan risiko penularan Covid-19 di Kota Ambon merupakan hasil dari upaya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang bertujuan mengendalikan penyakit tersebut.

"Ini karena kerja keras kita semua, terutama masyarakat, yang dengan kesadaran tinggi mau mengikuti aturan protokol kesehatan," katanya.

Dia mengaku bangga, karena warga Ambon sangat peduli dan mengikuti anjuran pemerintah, meski belum semua dan masih terdapat kekurangan di berbagai sisi. Dia yakin, jika PSBB tahap kedua bisa berjalan dengan baik, tidak tertutup kemungkinan Kota Ambon bisa bergeser ke zona kuning atau daerah dengan risiko penularan Covid-19 rendah.

"Kita juga harus terus meningkatkan kewaspadaan agar jangan kita terperosok lagi ke zona merah. Ini pekerjaan berat kita ke depan," kata Richard.


Editor : Umaya Khusniah