Jenderal Andika Perkasa: Prioritaskan Vaksinasi untuk Lansia dan Anak-anak

Antara ยท Kamis, 09 Desember 2021 - 15:55:00 WIT
Jenderal Andika Perkasa: Prioritaskan Vaksinasi untuk Lansia dan Anak-anak
Panglima TNI saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Ambon. (Foto: Antara).

AMBON, iNews.id - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa meminta prioritas vaksinasi Covid-19 untuk lansia dan anak-anak. Sebab mereka rentan terpapar virus Corona.

"Kita ingin kejar capaian vaksinasi di Maluku, memang teorinya kalau bisa lansia dan anak-anak masuk prioritas dalam memenuhi target di akhir 2021," katanya usai meninjau vaksinasi di tribun Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (9/12/2021).

Dia mengatakan, anak-anak dianggap rentan terinfeksi varian Covid-19 Omicron, walaupun di Indonesia belum masuk, tetapi harus diantisipasi melalui vaksinasi.

Vaksinasi di Kota Ambon cukup baik, karena banyak anak-anak usia 12-17 yang divaksin. Varian ini memang menyerang anak-anak sehingga, tetapi anak-anak sudah dikawal oleh guru, pihak sekolah serta Pemkot Ambon untuk vaksin.

"Hari ini saya ketemu dengan banyak anak-anak usia 12 sampai 17 tahun ini bagus sekali," katanya.

Sedangkan untuk lansia, memang harus usia 60 tahun ke atas, tetapi yang harus diproteksi yakni mereka yang memiliki komorbid atau penyakit menular.

"Karena itu, kita fleksibel saja karena semua sudah sepakat untuk yang sehat harus divaksin dan komorbid melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan surat keterangan," katanya.

Ditambahkannya, secara teori belum diberlakukan untuk booster vaksinasi ketiga, tetapi bagi mereka yang sudah menginginkan dan kebetulan stok vaksin masih cukup silakan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: