Jalani 2 Kali Tes PCR, Istri Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Maluku Dinyatakan Sembuh

Antara ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 10:40 WIB
Jalani 2 Kali Tes PCR, Istri Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Maluku Dinyatakan Sembuh
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Istri Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Maluku, Kasrul Selang, yang berinisial NJ (56) dinyatakan sembuh. Sebelumnya, pasien dengan kodefikasi 56 ini dinyatakan positif Covid-19.

Informasi sembuhnya istri Kasrul Selang yang juga sekda Maluku tersebut disampaikan langsung oleh Ketua GTPP COVID-19 Maluku, Murad Ismail, Kamis (21/5/2020) malam. NJ menjalani dua kali tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dan hasilnya negatif.

"Istri ketua harian GTPP yang juga sekda Maluku, dinyatakan sembuh karena hasil swap melalui metode PCR sebanyak dua kali hasilnya negatif," kata Murad yang juga Gubernur Maluku.

Menurutnya, sembuhnya NJ yang juga menjabat sebagai Kadis Sosial Kota Ambon tersebut, berdampak besar terhadap semangat dan kinerja pasangan suami istri tersebut, dalam memerangi penyebaran Covid-19 di Provinsi Maluku.

"Berita gembira ini akan memberikan dampak besar kepada sekda yang menduduki jabatan sebagai ketua harian GTPP Maluku, untuk bekerja optimal menekan penyebaran pandemi ini di Maluku. NJ juga akan bekerja optimal bagi kesejahteraan masyarakat di Kota Ambon di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Murad berharap, kesembuhan istri sekda tersebut juga dapat memicu semangat para penderita Covid-19 di Kota Ambon dan Maluku. Dia berharap pasien tidak takut menghadapi pandemi penyakit ini.

"Yakinlah bahwa kalian tidak berjuang sendiri. Saya bersama seluruh jajaran Pemprov Maluku serta bupati/wali kota terus mengupayakan berbagai langkah demi penyembuhan seluruh pasien Covid-19 di daerah ini," katanya.

Sementara itu, Sekda Kasrul Selang menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan serta doa bagi kesembuhan istrinya. Sebelumnya, NJ menjalani karantina mandiri sejak 7 Mei 2020.

Dia mengaku sempat kaget saat tim GTPP Maluku menyampaikan hasil tes swap dikeluarkan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon pada 12 Mei 2020, yang menyatakan istrinya terkonfirmasi positif Covid-19.

"Jujur saja beta (saya) bersyukur atas dukungan semua komponen masyarakat termasuk para tetangga yang mendukung dukungan penuh istri saya untuk menjalani karantina mandiri di rumah dinas, di kawasan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Ambon dengan pengawasan ketat tim kesehatan," ujar Kasrul.

NJ yang menjabat Kepala Dinas Sosial Kota Ambon tersebut, terinfeksi Covid-19 dari salah satu rekan kerja yakni HK yang terlebih dahulu dinyatakan positif Covid. HK dinyatakan positif Covid-19 dengan kodefikasi sebagai kasus 31.

HK terinfeksi dari penderita kasus 22 berinisial B. Sedangkan B terinfeksi penyakit yang menyerang sistem pernapasan dari HB, penderita kasus 15 yang telah dinyatakan sembuh.

"Jadi begitu HK hasilnya tes swapnya dinyatakan positif pada 3 Mei 2020, maka pada hari yang sama, saya minta pemeriksaan cepat menggunakan rapid test (RDT) saya, istri dan ketiga anak, tetapi hasilnya kami sekeluarga nonreaktif," ujarnya.

Agar lebih meyakinkan, Kasrul meminta dilakukan tes swab terhadap mereka sekeluarga pada 7 Mei 2020. Hasilnya baru keluar pada 11 Mei 2020, istrinya dinyatakan positif, sedangkan dirinya bersama ketiga anak negatif.

“Mudah-mudahan hal ini menjadi motivasi dan peringatan bagi semua warga terutama di Kota Ambon untuk menjaga diri dan keluarganya, mengingat penyebaran pandemi ini tidak mengenal status sosial," katanya.


Editor : Umaya Khusniah