Jaga Kamtibmas, Polda Maluku Disarankan Bangun Pos Penjagaan di Desa-Desa

Antara ยท Jumat, 28 Agustus 2020 - 08:12 WIT
Jaga Kamtibmas, Polda Maluku Disarankan Bangun Pos Penjagaan di Desa-Desa
Anggota DPRD Provinsi Maluku asal Daerah Pemilihan Kabupaten Maluku Tengah, Wahid Laitupa, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kapolda Irjen Pol. Baharudin Djafar. (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id - Polda Maluku disarankan menambah pos-pos pengamanan aparat kepolisian di sejumlah desa di Jasirah Leihitu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah. Langkah ini ditempuh untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Usulan ini disampaikan anggota DPRD Provinsi Maluku, Wahid Laitupa saat bertemu dengan Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar, Kamis (27/8/2020). Pertemuan keduanya dalam rangka membahas agenda-agenda ke depan terkait situasi kamtibmas di Jasirah Lehitu.

"Kami sarankan di setiap negeri ada pos untuk bisa menampung minimal tiga anggota polisi. Pos ini sebagai perpanjangan tangan Polsek Lehitu yang jaraknya cukup jauh dari setiap desa," kata Wahid.

Menurutnya, selama ini apabila terjadi konflik, petugas kepolisian harus jarak yang jauh untuk tiba di lokasi. Jarak yang jauh artinya membutuhkan waktu tempuh lama.

Dia mengusulkan pembangunan pos pengamanan di Negeri Lima, Mamala, Morela dan Negeri Asilulu.

Sementara itu, Kapolda Irjen Pol Baharudin Djafar mengatakan, terkait usulan tersebut masih perlu pembahasan dan perencanaan lebih lanjut. Hal ini akan disampaikan dan dibicarakan dengan Poltresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

"Semoga ke depannya bisa teralisasi demi menwujudkan kemananan dan ketertiban di masyarakat," katanya.

Dia menambahkan, banyaknya perkelahian antarkampung karena masih rendahnya iman dan akhlak. Untuk membangun iman dan akhlak, perlu memakmurkan tempat ibadah.

"Dari tempat ibadah ini iman dan akhlak kita bisa tumbuh menjadi baik," kata kapolda.

Dalam pertemuan ini hadir pula Karo Ops, Kombes Pol Antonius Wantri Yuliyanto.


Editor : Umaya Khusniah