Hujat TNI-Polri di Medsos, Pemuda asal Amahai Ditangkap

Antara ยท Selasa, 28 Juni 2022 - 15:35:00 WIT
Hujat TNI-Polri di Medsos, Pemuda asal Amahai Ditangkap
Tersangka ujaran kebencian, pemuda asal Amahai, Thomas Madilis, dan sejumlah postingan hujatannya. (Foto: Antara/Dok. Polres Maluku Tengah).

AMBON, iNews.id - Polres Maluku Tengah menahan seorang pemuda asal Amahai bernisial TM. Pemuda itu ditangkap karena diduga melakukan ujaran kebencian terhadap instansi TNI-Polri di media sosial (medsos) Facebook terkait pemecahan rekor MURI di Provinsi Maluku.

Wakapolres Maluku Tengah Kompol Muhammad Bambang Surya Wiharga mengatakan, TM dikenakan pasal berlapis dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara. Tersangka dikenakan Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan atau Pasal 15 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1946.

“Thomas Madilis (TM) ditangkap di kediamannya di Negeri Amahai, pada Sabtu (25/6/2022) pukul 21.00 WIT oleh Polsek Amahai dan diserahkan di Polres Malteng (Maluku Tengah) untuk proses selanjutnya,” ujar Muhammad Bambang dihubungi dari Ambon, Selasa (28/6/2022). 

TM juga dikenakan Pasal 45A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). 

Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Dia menyampaikan, saat ini TM telah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah diamankan di rutan Polres Malteng.  “Kami sudah melakukan pemeriksaan awal terhadap pelaku, dan sudah Melakukan penyitaan barang bukti berupa Hp dan akun Facebook tersangka dan email,” ucapnya. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: