Harga Ikan Sembung di Ambon Turun,  Cakalang Justru Naik

Antara · Kamis, 11 Juni 2020 - 22:25 WIT
Harga Ikan Sembung di Ambon Turun,  Cakalang Justru Naik
Ilustrasi ikan segar. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Harga beberapa jenis ikan sembung segar di Ambon, Maluku terpantau rendah. Namun jenis ikan cakalang, tatihu, tuna dan karang masih terpantau mahal.

Seperti di Pasar Ikan Arumbai kawasan Mardika Ambon, Kamis (11/6/2020). Harga jenis ikan sembung dipatok Rp10.000 hingga Rp20.000  per tumpuk yang berisi 20 hingga 25 ekor. Untuk ukuran ikan yang lebih besar berisi delapan ekor ikan per tumbuk.

"Ini kesempatan terutama ikan momar dan kawalinya maupun jenis ikan lainnya sangat murah," kata salah satu pedagang ikan, Udin.

Sementara itu, Ruben, penadah ikan di Pasar Arumbai mengatakan, ikan sudah tiba sejak pagi hari dari beberapa desa nelayan di Kota Ambon. 

"Kalau yang jenis kecil ini, saya jual kepada pedagang Rp225.000 hingga Rp250.000 per parteng (sejenis loyang besar). Nanti terserah pedagang mau jual eceran berapa," ujarnya.

Dia juga mengatakan untuk ikan segar jenis cakalang dan tatihu sulit didapatkan di Pasar Ambon. Hal ini diduga karena arus pasok dari desa-desa nelayan sudah mulai berkurang.

Harga ikan jenis ini pun sekarang naik. Misal ikan cakalang dipatok bervariasi mulai dari Rp45.000 hingga Rp120.000 per ekor tergantung ukuran.

Ruben mengakui ikan yang ditawarkannya umumnya ikan beku (diberi es), kalau ikan segar sudah mulai jarang terlihat.


Editor : Umaya Khusniah