Harga Cabai Merah di Ambon Turun, Harga Bawang Stabil

Antara ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 13:59 WIB
Harga Cabai Merah di Ambon Turun, Harga Bawang Stabil
Cabai merah besar. (Foto: iNews/Riski Amirul Ahmad)

AMBON, iNews.id - Harga cabai merah di Ambon, Maluku menurun tajam dibanding tiga hari yang lalu. Saat ini harga cabai merah dipatok Rp25.000 hingga Rp30.000, dari sebelumya Rp40.000 per kilogram.

Seperti terpantau di Pasar Mardika dan Batu Merah, Selasa (2/6/2020). Untuk harga eceran, harga cabai dihargai Rp3.000 per cuba padahal sebelumnya Rp7.000 per cupa.

Kenaikan harga justru terjadi di cabai keriting. Kini harga per kilogram dihargai Rp35.000 padahal sebelumnya Rp40.000.

"Harga cabai ini sudah tidak pernah normal dan selalu saja terjadi fluktuasi, sekarang ini cabai merah biasa turun karena stok cukup banyak, sedangkan cabai keriting panjang bergerak naik," kata salah satu pedagang di Pasar Mardika, Jubaida.

Jubaida mengatakan, stok cabai merah biasa maupun keriting panjang sekarang ini cukup banyak. Arus pasok juga lancar dari sentra produksi, terutama dari desa-desa di Pulau Ambon yang selama memasok cabai.

Harga bawang merah tetap bertahan dengan harga Rp60.000 per kilogram. Sementara, harga bawang putih Rp38.000 hingga Rp40.000 per kilogram.

Salah satu Pasar Mardika, Rustam mengatakan harga bawang merah masih bertahan karena ikut perkembangan harga pasar yang ada. Selain itu harga di tingkat agen juga masih mahal.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat harga bawang bisa bergerak turun, sebab biasanya selesai hari raya harga-harga kebutuhan di pasar akan normal kembali," ujarnya.


Editor : Umaya Khusniah